Asep Zine 1.2

Bergunjing: Ngobrolin si ini, si itu pas lagi ngumpul bareng. Tugaskan udah ngumpul semua. Nah ini nih yang namanya bergunjing, gak penting.

“ko lo bergunjing terus sih orangnya?” gue langsung balik nanya. Temen gw yang gondrong ngejelasin bergunjing. “ya ngomong orang, dosa tuh” kaya pemuda gak jelas pada umumnya. Dari kelakuan, becanda, sampe gaya gak jelas. Tiap ngomong pasti nyampah. Kebetulan kaki dia lagi kena penyakit gatel bentol-bentol waktu pake celana boxer biru. Sambil ngombrol, garuk-garuk selangkangannya yang berbulu.

Orang aneh kaya kita berdua ngomongin bergunjing? Biar gak dosa katanya wah gue jadi penasaran. Gw googlinglah bergunjing. Dapet blog yang isi ini. Entah siapa yang ngepost, nama dan alamat gw gak catet sory lupa. Lagian gak jadi dosa juga kalo gw gak nyatet. Ini dia yang gw kutip dari blog tuh.

Bergunjing, ghibah, gosip sama aja. Bisa di tonton di di tv yang di namain infotainment. Isinya pemberitaan kejelekan para artis hiburan nasional yang sebenernya gak ada untungnya buat di tonton. Gak bisa diampunin di neraka, di bandingin berzina. Kalo pun ada cowo yang pengen berenti bercinta bisa diampuni dosanya. Tapi bergunjing gak ada ampun dari Tuhan sebelum orang yang digossipin maafin. Ini nih yang ngilangin amalan taat, solat, puasa. Sebenernya gak ada juga yang mau digossipin. Gosipkan nunduh orang dengan boong. Dosanya juga yang lebih gede lagi. Kalo pun gosip itu bener namanya ghibah. Nantinya di alam sana bakal ngerasain kuku lo jadi tembaga yang bakal nyakar muka dan dada sendiri. Kaya makan daging orang aja, gara-gara nyela kehormatan orang laen (ghibah).

Ghibah baru bole dilakuin kalo kepaksa ngomongnya. Kaya ngaduin orang yang nyiksa lo ke pengadilan. Lapor ke orang tuanya aja biar anaknya yang jadah itu bisa dinasehatin atau minta tolong orang laen biar di nasehatin. Contoh yang laen, kaya ngelaporin kejahatan biar orang laen gak ke tipu juga. Ngasih tau tuh dia lagi nyopet, tangan si copet jelas-jelasan lagi nyoba ngambil dompet sembunyi-sembuyi dari belakang yang punya. Si copet woles tenang aje. Nah, ini harus teriak copet, nah kaya gitulah.

Gue kayanya emang Tuhanis, jadi sekarang-sekarang gue lagi nyoba ngartiin agama gue lebih dalem lagi. Emang susah sih jadi soleh, tapi dengan tau kesalahan, gak ngulangin lagi kan minimal dikit-dikit jadi solehlah. Insaloh.

Diterbitkan oleh asepcashball

Mantan nett, calon pengusaha, seorang pecinta wanita yang doyan baca, nulis ma nyoba2 buat tulisan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: