Asep Zine 1.3

AGNOSTIK & ATEIS

Di KTP kan sering tuh pilihannya agama, gak ada tuh pilihannya ateis, agnostik, nah gue pengen ngejelasin dua istilah ini.

Dua istilah ini sebenernya beda artinya. Kalo di zaman orde baru komunis itu anti tuhan, atheist. Yang sebenarnya propaganda tolol buat ngehancurin partai Komunis selaen buku-buku G30SPKI yang gue baca waktu SD. Sebenernye jadi ateis itu pilihan personal aja. Karena emang gak ngerasa ada Tuhan.

Nah, kalo Agnostik itu percaya Tuhan, tapi gak punya agama. Percaya di ciptain Tuhan, tapi males ngikutin agama tertentu, lebih make logika daripada dogma agama. Kalo ada masalah mikirnya pake pendekatan filosofis dan ilmiah.

Singkatnya kaya gini nih.

Agnostic Atheism Anti Tuhan & tidak beragama.

Agnostic Theism Percaya Tuhan & tidak beragama.

Agnostisme Apatis/Pramagtis Gak ada bukti logis kalo Tuhan itu ada.

Agnostik Keras Punya pendapat semua tidak ada yang tau Tuhan itu ada.

Agnostik Lunak Percaya Tuhan kalo ada bukti logis memang ada.

Nah sekarang lo masuk katogori yang mana?
Gue sendiri sih. Tuhanis kurang taat.

Diterbitkan oleh asepcashball

Mantan nett, calon pengusaha, seorang pecinta wanita yang doyan baca, nulis ma nyoba2 buat tulisan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: