Opah Bagian II dari II bagian.

Hikikomori bukan, Neet bukan, Otaku lain. Naon atuh.

23 Maret 2014.

Gue gak punya pacar, temen dikit, hobi juga dikit, jomblo. Sekarang2 mah gue nyoba jualan barang. Jual beli tuker numpuk dikamar. Pabalatak. Ada yang udah dipugar ada yang masih butuh service biar harga jualnya tinggi. Kamar 4×6 ini jadi sempit. Barang2 gak pernah disusun rapih, suka ngalaning jalan. Ah kalo mau keluar kamar suka repot.

Orang laen ngaggep gue gila. Stress. Putus asa. Putus cinta. Gak sayang orang tua. Galau selama 2 tahun. Walau sebenernya kata orang IPK 3,11 itu keitung gede buat fresh graduete desain komunikasi visual, idup gue malah surem. Gue gampang kesinggung, cepet marah, nuduh orang ini-itu. Gak jelas. Usaha kecil-kecilan juga gak jelas arahnya. Geje. Gak punya kerja tetap. Gue gak mau kerja kantoran.

1 tahun terakhir gue keluar rumah. 1 tahun sebelumnya kebanyakan dirumah. Ngunci kamar sendirian. Gue jadi parasit keluarga. Ibu sama Abang gue gak suka sama perubahaan ngedadak yang gue kali ini. Pengaguran yang betah di rumah. Gak mau keluar kamar. Waktu cuman ada buat di depan komputer.

Gue sebenernya sibuk loh. Keliling domain internet buat nyari informasi, bookmark, save as, download, nikmatin aktivitas internet. Ini idup gue. Kalo cape yang tinggal tidur. Makan. Ee. Minum. Lengkaplah idup gue di rumah. Babeh gue 2 tahun sebelumnya mokat. Jadi gak ada lagi yang mesti gue takutin. Gak ada yang marahin. Woles weh.

Baca buku, nonton tv, ngebokep, coli, crot. Enaklah idup teh, gak usah gaul juga udah puas. Gak perlu ngeluarin duit pula. Hemat. Ini kelakuan gue dirumah. Santei2. Asiklah. Gue juga tau ko kalo sebenernya Ibu gue jengkel, ngeliat 2 anaknya makan, minum, tidur gak keluar2 rumah. Abang ngelakuin hal yang sama 2 bulan terakir. Tapi untungnya cuman dua bulan.

Gue mah 1 tahun lebih. Abang gue sempet kerja 6 bulan, tapi 4 tahun terakhir milih jadi pengusaha dengan resiko utang banyak. Gak punya penghasilan tetep. Maksain.

*****

Satu taun awal gue gak mau keluar kecuali jum’atan. Banyak yang ngomongin, banyak yang nanya kenapa belom kerja2 aja. Padahal kan udah lulus kuliah. Aneh. Gue liat ini di ruang depan. Dengerin obrolan tetangga gue yang kepo. Tetangga gue gak tau kasian atau emang pengen ngasih tau aja gak tau lah. Ibu yang kasian ngeliat anak tetangganya aneh.
Serius. Gue ini cuman pengen jadi type designer, ini kerjaan utama gue. Gak ada freelance lagi yang mesti gue kerjain selaen ini. Huruf, kerning, spacing, glyph, karakter2 dilengkapain. Fontlab jadi software huruf yang gue pelajarin selama di kamar ini. Fokus ngedalemin tipografi biar jadi duit.
Gue baca jurnal desainer huruf di internet, pelajari metode, istilah, sampe kesalahan publish font pertama mereka. Gue juga gak mau salah publish huruf pertama. Jadi sampe sekarang gak ada huruf yang gue publish di Internet. Gue masih ngerasa kurang ilmu. Butuh waktu lah buat belajar tipografi lagi. Ngebanyakin referensi, teori, jurnal ilmiah, video wawancara, tutorial, sama terus ngeberesin type family. Ah kerjaan tahunan nih. Lama seleseinya.

Ibu gue cuman ibu rumah tangga. Kerjanya masak, nyuci baju, ngepel, nyiapin makan buat kita bertiga dirumah. Tidur siang kalo dah cape nyuci. Sesekali ngerajut baju bayi buat nambah penghasilan. Cuman akhir2 ini jadi ngedengerin musik buat ngelupaiin kalo 2 anaknya ini gak mau kerja. Pengagguran berijazah yang gak sibuk les atau freelance. Pemuda yang miskin. Belom bisa mandiri. Apalagi ngasih duit. Enggak. Enggak pisan eta mah.

*****

Duit tipis. Tabungan gue ampir abis. Gue gak minta uang jajan. Soalnya duit tabungan gue ada. Dari awalnya 1 juta. Jadi terus berkurang sama keperluan idup gue. Beli pulsa modem, belanja buku online.

“Kalo udah lulus ya langsung kerja” Almarhum Babeh bilang. Gue masih inget omongnya. Kaya gini “Naekin haji ibu, bahagiain dia, kalo kerja yang bener”. Gak tau omongan gak tau wasiat yang kadang jadi hutang yang belom lunas dibayar. Hutang janji yang mesti dikerjain secepetnya.

Ibu masih aja ngurus gue di rumah. Sabar. Super sabar malahan. Gak tau sama2 putus asa kaya anaknya. Gak tau soalnya Ibu gak pernah marah. Orangnya baek pisan. Sumpah binggung gue kalo bilang minusnya apa. Gue aja kali ya yang minus. Teuing ah.

*****

Abang keluar rumah di bulan ke dua tahun 2014. Dia ngelajutin bisnisnya bareng temennya. Udah beberapa usaha dilakuin gagal. Lanjut lagi usaha yang laen. Pengusaha yang gali lobang tutup lobang buat modal bisnisnya. Pengalamannya terus bertambah, kegagalan, keberhasilan, kena tipu, utang nambah, bayar utang, bayar cicilan. Pengusaha kecil2an. Terus weh dijalani.

Gue mah ya cuman pengusaha huruf yang belom kelar2. Belom tembus hurufnya di MyFonts.com. Masih ngejar diterima dulu, baru jadi duit. Jauh keneh rek meunang duit teh. Jauh.

Masa lalu bisa dirobah di masa depan.

Masalah2 idup yang dulu ada. Gak mungkin dirobah di masa lalu.

Masa kini dijalanin buat ngehidupin hari ini ke masa depan.

Sekarang gue masih dikamar. Sesekali jalan2 keluar rumah buat nyibukin diri. Beli barang, ke warnet, atau nyari suasana yang pas ngeberesin revisian. Skripsi gue kudu beres. Idup ya emang gini, desainer huruf belom kesampean kemaren2, sekarang2 dah mesti ngerjain skripsi, besok2 mesti ngelamar gawe. 2 tahun yang bikin sejarah idup gue nambah.

Nganggurlah, jomblo, move on euy. Manya rek kiyeu2 wae. Jalanin idup yang gak bisa idup mah buang2 kesempatan. Mending gawe kantoran. Ulah sok idealislah bari teu bisa menang duit mah. Engke ngahesekeun batur jadina. Ripuh cuy.

*****

Sodara gue dateng. Gue ngasih info kalo bikin huruf beginian jadi duit. Pake dolar lagi bayarnye. Dia mungkin ngaggep gue bakal cepet kaya kalo kerja online ginian. Enggak anjis, gue gak dapet dolar, gue gak diterima2 wae. Gue butuh waktu lagi buat nyelesein huruf teh. Gue belom jadi freelancer. Gue gak berpenghasilan.

Lucu emang idup ini, yang gue pengen gak selalu gue dapet. Gue ketawa. Hahaha. Kenapa ya gue tetep keukeuh pengen jadi desainer huruf, hahah pengen kaya, pengen idup enak, pengen bayar tumpukan utang atau pengen jadi pegawai. Hahaha. Gue sih pengen ngelajutin idup biar duit yang gue dapetin dari huruf yang gue buat bikin hari2 gue didepan bisa dinikmatin keluarga gue. Ibu, Abang, sama gue. Bertiga. Hahaha. Gue ketawa lepas. Tiba2 Aer mata keluar gak kerasa gue nangis. Nutup ketawa gue tadi. Semua berubah sekejap. Gak ada yang robah. Kekecewaan gue memuncak. Rasa bersalah, sedih, marah, nyesel yang ada sekarang. Tangis tawa emang gak ngerobah apapun sebenernya. Sekedar emosi yang keluar aja. Gak bisa ditahan. Aer mata ini keluar tapi diantara rasa campur aduk tadi senyum gue masih tetep aja nyisain kegembiraan. Gak tau ini emosi seneng atau marah. Geje.

Gue sebenernya sempet les gambar, dulu. Setaunanlah. Gambar gue sempet jadi duit loh. Waktu itu teh dapet pesenan gambar cewe. Lagi zaman2 Megan Fox jadi bomsek tuh. Awal2 kuliahlah. Sebenernya ini gambar cewenya buat kado anniversary-an gitu. Gampanglah. Referensi foto dah dikasih. Dikerjain. Beres. Awalnya dibayar 50 rebu janjinya mah, eh pas jadi bukan cewenya katanya. Gak mirip. Malah kaya Megan Fox ceunah. Tapi ternyata da emang mirip Megan. Enya. Eh jadina mah dibayarnya malah jadi 5 rebu. Kasian neun mereunan.

Ah diterima weh duit teh. Teuing kurang usaha, teuing kaseringan gagal urang teh. Ah aing euy.
Balik lagi kerumah. 2014. Masih Ibu jadi takut ngeliat gue gampang marah. Gue sadar gak bisa ngatur emosi. Marah2 wae atuh da. Udah weh disempetin jogging biar emosi gue keluar. Biar gak marah2, sabar, sambil rajin solat lagi, jadi ada kesibukanlah. Gak coli wae. Euh. Lemes.

*****

Ini idup yang sempet gue pilih. Aktivitas, kesibukan, kejengkelan, nyebelin, egois yang gak kerasa gue lakuin. Sadar gak sadar sih. Nulis ini sedetil mungkin —tetep gak bisa ngejelasin idup gue yang akurat.— Yang gue rasain mah ya ginih. Gimana nya. Mesti dirasain sendiri sih idup mah. Gimana idup tuh. Gak sebates naluri aja sih. Sempet juga ngelakuin seenaknya weh. Teu paduli. Yang penting gimana gue weh.

Jalan idup yang gue pilih kan beda sama Opah, masalahnya juga beda, jalan keluarnya juga beda. Gue pengen nyelesein masalah ini. Resikonya ya gue capek, soalnya banyak yang mesti diberesin. Gue gak pengen statis gini2 aja. Gue pengen robah. Berenti ngebokep, coli, crot, pengen gawe, punya duit, pengen ngoleksi buku2 lagi, pengen jadi desainer huruf, pengen. Pengen. Pengen pisan. Gak pengen omdo ungkul, teu hayang cicing wae. Kudu gerak. Kudu bisa.

Maafin gue ya kalo ada salah.

Maafin gue ngomongon yang enggak2.

Maafin gue udah seenaknya ngedeskripsiin idup kaya sekarang.

Bukti2 yang gue tulis gak bisa dipercaya, kenyataan ya cuman Tuhan yang tau. Sebenernya gak perlu juga sih dikasih solusi2 dari orang laen. Soalnya kadang suka pengen didebat euy. Sok hayang nyarocos. Tapi ya nantinya malah gue gak nambah peluang solusi. Gak terbuka, malah nutup diri lagi. Gak maju2. Ya kaya gak mau diarahin ke jalan yang pengen gue jalanin. Gue pengen ngejalanin impian gue euy. Embung ngajomblo, bari ngagalau deui, sepi pisan sorangan teh. Kasieunan. Cape. Asli cape.

Diterbitkan oleh asepcashball

Mantan nett, calon pengusaha, seorang pecinta wanita yang doyan baca, nulis ma nyoba2 buat tulisan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: