November gak nge-rain, gak juga ganrosis

Gak tau kapan nih jadinya ketemu tulang rusuk gue?

2 tiga hari gak ketemuan. Gue kira lo ngilang. Eh taunya masih ada disini. Akhirnya gue dapet jawaban juga. Pelajaran yang gak gue dapet dari tulisan2, zine, blog sampe teriakan lirik2 zaman 90’an. Premis. Kumpulan kata kunci. Sip2. 86.

*****

Ngisep Rokok sama Ngeliatin rok panjang.

Temen SMA gue emang bener2 menarik. Kerudung putihnya keliatan beda sama kerudung2 di SMA swasta, ya di sekolah ini. Mukanye Chubby, bodinye endut, rajin senyum. Ramah. Bener2 ramah. Pernah juga temen gue yang deket, nembak dia lewat sms. Gak jentel kata temen2 Chubby mah. Kejentelan gue sih ya cuman ngobrol sama dia doang. Dah sebates itu aja. Itu juga jarang, gak sampe mojok, buat ngobrol beduan. Gak ampe segitunya.

Hari2 selanjutnye. Sekumpulan gank cewe yang tadinya ngobrol bareng gue. Temen2nya si Chubby tuh. Gue bilang aja suka Chubby pas mereka bilang gimana perasaan gue tuh? Sebenernya mah banyak kesempatan nembak dia mah. Cuman gitu. Gak pernah kejadian. Gak tau juga sih perasaan si Chubby gimana ke gue. Katanya mah suka juga sih. Katanya ye. Kata genk nya. Gak tau bener, gak enggak, gak tau gue dijodoin gitu? Gak tau dah!

Dua tahun selanjutnya kita gak pernah sekelas kaya kelas 1 SMA dulu. Cuman setauan aja kita sekelas teh. Cuman bagusnya tuh kelas 3 IPA dan 3 IPS itu bersebelahan loh.

Gue suka teriak2 gak jelas di deket kelas IPA. Katanya sih Chubby suka ketawa kalo gue dah teriak2 gitu. Gue sih ngelakuin itu biar gak stress weh, ngelepasin kakeheul, ya meskipun banyak orang di kelas yang bilang gue stress. Ngapain coba teriak2. Jis! Sekolah itu ngebosenin euy. Gue kan bebas aja ngelakuin apa yang gue mau. Paling kena jewer, masuk buku catetan pelanggaran. Ah gak ada masalahlah. Santei.

Jam istirahat dateng. Pelajaran berenti sebentar. Gue lanjutin ngerokok di WC. Sekumpulan rokok ketengan ngebuat ruangan bau pesing, jadi bau tembakau. Campuran merek2 rokok di dalem satu tempat yang kecil. Asep, abu, mulei menuhin ruang lembab ini. Sedikitnya, ruangan ini jadi smoking area sekarang, biarin jelas2 ruangan WC tuh, dilarang, ya dilaranglah, orang sekolah mana yang ngebolehin murid2nya ngerokok, mana ada. Tapi sekolah gue sih gitu, rahasia2 aja sih, tapi dah sering ketauan juga sih. Terus, didalem sini pintu gue kunci. Gue bareng temen2 nikmatin waktunya sebentar disini buat ngisep2 batang filter. Kenikmatan yang bakalan naek pisan kalo dah ada guru yang ngecek WC cowo. Ngegampar satu2 murid cowo biar pada takut, traumatik. Terus berenti ngerokok lagi. Ah gue sih tenang2 aja, da ada temen gue inih. Radius 6 meter, 4 meter sampe 1 meter ada yang ngejaga. Ganti2an sih jaga, biar ngerokoknye aman. Gak ketauan. Gak bakal kena gampar lah. Bersatu kita udud bercerai kita ka gaplok. Plok. Peureus.

Kenangan ini nyatu di foto fb. Ngebuat kenangan ini kembali.

*****

Gue inget pas waktu itu gue lagi manyun2. Gak tau kenapa ya kalo udah gitu gue suka enakeun weh. Manjangin bibir ke depan. Temen2 yang laen ngerasa keanehan gue ini biasa aja. Sok imut, sok ngegemesin. Ah gue diemin weh. Gak peduli.

Pas giliran manyun. Bibir panjang gue nih malah kaya nunjuk ke arah cewe. Jis si Bidadari, adek kelas gue. Gue sih senior. 2 tahun diatasnya. Fuck! Anjis mukanya kaya jijik gitu ngeliat gue manyun2. Ah anjing. Koplok. Dalem ati gue bilang. Dia ngelujutin naek tangga di lantei dua. Kebetulan WC cewe tuh pas di atas WC cowo. Tempat yang sama cuman tingkatnya aja. Mukanya kaya gak enak gitu lagi liat gue manyun2. Ya elah.

Ini nih kelakuan gue. Yang inget pas liat foto SMA ini di fb.

*****

Sekarang si Chubby dah punya anak, tinggal di Yogya. Jauh dari Bandung. Gue bahagia Chubby dah punya keluarga. Baguslah gak sendiran2 amat kaya gue. Jomblo yang masih nyari kerja. Pengangguranlah, kasarnya mah.

Mantan satu2nya gue juga sama, dah nikah, mantan gue waktu SMP, dari Fbnya ngeliatin dia bareng cowo terus. Terus gak lama gue liatin dia buat status soal lahirannya. Terus cowo yang biasa gue stalking itu ada, ya, dia dah jadi pasangan, gue sih cuman ngerasa beruntung dah pernah pacaran. Ah, sial, cuman buat sekarang sih, ya Si Bidadari ini aje sih yang gak gue tau statusnya gimana. Gue gak dapetin akun Fbnya, gak tau juga namanya, gue dah lupa.

Gimana ya? Suka cewe, gak ditembak. Cuman jadi temen biasa padahal gue ada rasa. Apa ya sebutannya. Temen deket gitu. Teuing ah.

Bener2. Terlambat sih kalo nyoba nembak sekarang. Jelas2 terlambat. Tapi ketertarikan gue secara fisik gak ada di Chubby, kalo di Bidadari ada. Edan geulis bray eta weceuh. Tinggi, wangi, gak bosen diliat teh. Cuman ya gue tetep suka ama Chubby sih, soalnya orangnya enak diajak ngobrol, sering ketawa2 gitu kalo gue becandain, kadang kalo ngobrol bedu gue suka liatin mukanya bener, gue suka banget ama parasnya, beneran dah. Biarin badannya gak kaya Bidadari, tapi gue tetep suka, gue suka keduanya sih, gak ngaruh badan mau kaya gimana juga, kalo ngobrol konek mah ya enak weh. Nyambung weh.

*****

Pas enak2 ngobrol biasanya sih orang itu gue anggep temen. Nah cewe yang gue anggep temen gitu jarang ada. Soalnya gue gak pernah ngobrol sama cewe juga sih. Jarang banget, seriusan, buat hal ini tuh bisa diitung dengan jari deh. Kalo pun ada cewe yang mau ngobrol sama gue itu jarang pisan, sia euy! Gak tau kenapa ye, gue kelewat jarang interaksi sama cewe euy.

Temen2 cowo yang gue anggep temen banyak. Gue bisa ngobrol sama cowo. Mau orangnya gimana. Soalnya basa-basi itu dah gue lakuin ke cowo. Enggak ke cewe. Kenapa ya, padahal sama2 aja sih. Pira gek ngomong. Tanya2. Jawab weh. Terus enggeus weh kelarkan eta ngobrol teh bari pdkt tea. Tapi ya gue emang nyaman ngobrol sama cowo sih.

Cewe kadang2 suka gampang kesinggung. Gak bisa ngomong jorok, kasar, dibayangan gue dia bakalan mukul2 manja, gak kaya cowo deh, yang bakalan ngomong kasar sambil kadang mukul beneran. Nah ini yang ribet. Jadi gue gak tau cewe2 itu kaya apaan juga buat pastinya. Temen cewe gue sedikit sih. Kurang bangor sigana urang teh. Meureun. Sekalinya punya temen cewe eh tomboi. Terus ya cewe yang gue kenal gitu2 aja. Nya gue gak tau juga sih cewe diluar lingkaran temen gue kaya gimana. Enya oge sih semua belom tentu bener. Da tiap orang kan punya karakternya sendiri2 dan gak bisa disamain. Jadi kemungkinan cewe yang gue suka nantinya bakalan ada waktu ketemuan ama cewe baru. Cewe yang gue suka. Jatuh cinta mungkin. Suka pasti. Tapi gak tau kalo nembak mah. Nikah? Ya mungkin juga. Liat aja entarlah.

*****

Akun facebook gue tutup. Gue jalan keluar ruangan sempit ini, oh iya modem flashdisk dah gak pernah gue isi sih, jadi gue gak pernah ol di rumah lagi nih. Gue tutup semua tab google chrome. Yahoo mail, gmail, kaskus, fb, terakhir gue tutuplah wordpress. Gue ngebayar duit yang di bilangin OP. Gue bayar terus dapet kembalian. Gue keluar warnet ini buat lanjut pergi ke tempat lamaran kerja baru. Calon kantor gue yang laen. Bandung.

*****

—- Aduh jelek2. Ganti2!

Sip.

Gue mikir keras gimana nih caranya ngeganti warna outline di Corel X7 ini. Software vector pesaing Adobe Illustrator yang biasa gue pake. Software Corel ini gak pernah gue install juga sih, kalo pun pernah gue install dulu, tapi gue diajarin dikuliah tuh Ai sih, bukan Corel, jadi mayan gelap, dulu sempet sih belajar Corel zaman SMA kelas 3, tapi sekarang dah lupa pisan, gelap beneran deh. Kalo toolnya mah mirip2 sih, da sama2 sopwer vector juga ya.

— Kurang racing. Masih kurang racing.

Oh, iya Aa saya ulik hela nya.

Jawaban yang nyobain gue ngasih waktu buat sedikit usaha. Dan ya. Tetep aja kurang racing. Geus di tunjukeun teh. Eh anggernya aing. Gagal. 1 jam gue pake buat ngulik2 tools CorelDraw. Njir jangar. Bangke.

— Nih istall dulu fonts-nya. Semuanya.

Ini referensinya. Ikutin ya.

Boss ngasih arahan. Gue cuman ngerti Illustrator sih. Ya udah dah gini. Gagal test masuk. Gue yakin gue gagal masuk kerja disini dah. Ah shit!

*****

Kerja seminggu lebih di Bandung dengan jam kerja karyawan. Pergi jam 8 pagi, pulang jam 6 magrib. Solat 5 waktu. Tidur jam 9 malem. Berangkat lagi jam 8 kerja lagi terus pulang lagi jam 6 lagi. Seminggu penuh. Gitu2 weh. Hari libur cuman hari minggu hungkul. Edan pararegel awak. Tapi enak sih. Dapet duit, dapet temen ngobrol. Dapet pengorder. Dapet kenalan2 baru. Jadi tau cara nego ke orang. Oh kiyeu yeuh. Emm. Ngarti2 lah. Diajar weh.

Kabeh weh di analisis. Sopwer diulik2 terus. Pelajari weh. Ti enol deui.

Tapi teuingnya. Urang teh ayeuna teh training. Atau gawenya. Soalna langsung gawe kitu. Ngelamar kamis. Jum’at langsung gawe. Jadi bingung urang.

Disaat yang sama. Kerjaan di Jakarta teh belom selesei. Test desain ke dua belom fix. Udah lewat dedlen. Gue sih dah milih kerja di Bandung sih. Ah ini kerjaan gue nih. Bukan di Jakarta. Bandung2. Jadi bakalan netep di rumah Ibu. Ngerjain proyek seniman jalanan di toko kecil. Kekebut2-an, gagadengan, secara visual kitulah tipe desain urang ayeuna mah. Lain formal, semi informal. Non formal iyeu mah. Bahasa english. Amanlah. Teu i’ingrisan siga calon pagawean di Jakardah.

Edan siah aing jadi diajar otomotif euy. Heheh. Drag, super moto, road race, edan lah. Gegeberan. Gas pol 2x.

*****

—- Masih ada ya orang yang gak bisa naek motor, mobil. Langka.

Pertahanin aja. Ajarin dikit2. Nanti juga bisa.

Omongan diatas gue tau dari kenalan gue hari ini. Banyak obrolan yang ngemotivasi gue biar bisa otomotif. Bisa ngedesain juga lah. Tapi butuh waktu euy. Bener.

Boss besar ngasih arahan ke boss gue. Pemodal gede dengan macem2 anak perusahaan. Boss gue cuman art director yang keceng ngedesainnya. Bener2 moto gp lah kalo udah ngedesain teh. Gue mah newbie. Lalila. Terlalu rumit. Belom bisa gegeberan. Soalnya teu apal pedal gas na. Jadi hese gas pol mang. Keur neangan gasna. Bener2 neangan.

Kudu diajar sapedah hela, motor lanjut numpak mobil. Gas. Gas.

*****

Sigana urang bakalan ditarima gawe euy. Hahaha. Akhirnya menang duit oge. Teu cape2 jual barang bari kesel dinego murah ajah. Ah ayeuna boga kerjaan tetap euy. Hidup gue terjaminlah. Gak miskin2 amat. Gak nyusahin2 orang lagi. Bisa mandirilah. Dikit2. Bisa meuli kopi, udud, mie ayam. Wareg.

Beres gajian. Rencana tetep ngedapetin ijazah. Kerja tetep di sini. Rerecingan. Bari ulin meunang duit. Tinggal nabung duit jeung kawin weh. Eh nikah. Mun kawin mah cenah ngan nyolok. Ai nikah mah ngurus bini terus tanggung jawab.

Ah sigana urang emang geus kudu nikah euy. Pengen ada yang ngurusin. Ya ada yang cerewet selaen Ibu, Uwak, Nenek, Abang. Buku gek hayang meuli deui. Tapi 4 buku segel can dibuka. Can dibaca. Pengen beli buku. Pengen baca2. Ah emang bener di kelas estetika dulu teh. Orang itu gak akan pernah puas. Terus nyari dan nyari kepuasan sampe penuh. Terus ayeuna lanjut. Pindah ke kepuasan yang laen. Kosong deui. Kepuasan teh cuman sesaat ungkul. Terus ya pindah lagi weh. Gitu weh teu beres2. Kukuriling2 an. Puas terus teu puas2.

*****

Guru balet dah gue lupain. Kerjaan di Jakarta dah jarang gue kerjain. Sibuk nga-racing di Bandung. Nga-desain grafis. Tapi sigana jadi ‘ngiseng grapis’. Ngudag acc. Ngudag duit. Finish na di rekening BCA.

*****

— Inih Aa pesenannya.

Iya makasih teh.

Bakwan kuah anget2. Teteh bawain 3 mangkok penuh. Diluar toko ujan deres. Rokok Djarum Super dah ke isi 3 batang. Di dalem toko cuman ada gue, boss gue, sama temennya boss.

Posisi toko dah mau tutup.

Tapi boss kebingungan gimana caranya pulang biar gak keujanan.

Gue seneng ada Teteh bakwan kuah yang nganterin makan.

Edan manis iyeu teteh. Kulit putih, kenceng, rambut pendek. Baju kasual, sendal murahan. Mukanya malu2 tapi tetep unyu.

Gue suka.

Diterbitkan oleh asepcashball

Mantan nett, calon pengusaha, seorang pecinta wanita yang doyan baca, nulis ma nyoba2 buat tulisan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: