Hurufis, Abjadwan, Fontster

Hari ini nampaknya sudah 5 jam duduk mengerjakan sesuatu yang sebenarnya bukan pekerjaan tetap. Hitungannya sih lebih pendek dibandingkan 8 jam bekerja penuh. Di tempat kerjaku dulu, duduk lebih lama mendisiplinkan diri didepan komputer. Siaga bilamana satu dua orang pengunjung datang ke toko sticker.
Mungkin waktu 2 tahun istirahat bisa saja mengobati kesukaran membuat huruf san serif ini. Bila saja terus menerus berhenti akan semakin lama juga waktu ‘tuk menyelesaikannya. Sebagai seorang hurufis bisa dibilang terlalu sibuk a.k.a sibuk tidur-tiduran, tidak bekerja terus alias menikmati malas-malasan masal membereskannya meskipun sebenarnya menambahkan weight huruf adalah pekerjaan yang menyenangkan dari proses membuat font. Memastikan setiap karakter rampung dengan tersusun teratur mirip satu sama lain dengan karakter asli pada ukuran weight reguler. Memastikan keteraturannya terjaga berdasarkan setiap ketebalannya seperti reguler, bold, italic.
Karakter tersulit adalah huruf s, g, butuh puluhan kali membuatnya menjadi karakter yang cocok dengan huruf yang lain. Setiap lengkunganya sulit dijaga konsistensinya apalagi harus diplintir kesana kemari agar tidak terlihat kasar sebelum memastikannya “kembar dibelah di belai-belai” dengan karakter yang lain. Wuhuhu asik euy buat font teh.

Setelah proses itu selesai dilanjutkan dengan mencoba mengetikan jemari pada tuts keyboard “the quick brown fox overs the lazy dog”. Sebuah kalimat pangram yang bisa memperlihatkan satu huruf dari a sampai z. Melihat satu persatu karakter inilah yang membuat mata terkesan dibuatnya untuk seterusnya membacanya berulang-ulang hingga mampu merasakan keganjilan. Lalu memperbaiki yang kurang tersebut. Sungguh mengesankan. Huruf yang dibuat dari campursari jenis geometris, groestek, mechanic.
Kalau diingat-ingat huruf ini dibuat pada awal 2013 dan dikerjakan ulang diawal 2017. Sebagai gitu seorang abjadwan yang jagonya berleha-leha. Ini akan merampungkanya sesegera mungkin.

Diterbitkan oleh asepcashball

Mantan nett, calon pengusaha, seorang pecinta wanita yang doyan baca, nulis ma nyoba2 buat tulisan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: