Gak perlu lagi ke warnet, di tetheringin aja idup gue mah

Gue pake internet bukan buat ketinggalan informasi, sosial, gue lebih pengen ke jualan font aja sih sekarang2 mah. Cuman tetep gak bisa diboongin, gue pasti pengen tau informasi temen2 fb yang lagi ada di industri font internasional berjuang, berpengahasilan, ama berkarya. Di market place internasional, persaingannya ya sedunia saling berebut minta dibeli. Tapi dari video youtube yang gue tonton, gak usah minta jatah di market place, biarin yang udah duluan makan “kue”, jatah “kue” mah kita ambil dari ngemarketingin di luar market place. Ya posting di linkedin, yang banyak bule pro yang banyak duit terus emang ada di industri yang berdekatan ama font. Para profesional jelas butuh font buat kegiatan perusahanya, buat web butuh font, buat logo, buat produk butuh font buat periklannya. Ya macem2lah. Tapi gak di linkedin aja cobain juga ngemarketingin di pinterest, behance, ama yang laen2. Banyak tebar “jaring” biar banyak “ikan” yang didapet.

*****

Gue waktu pake hp nokia asha 305 zaman kerja dulu, gue gak pake wifi kantor, soalnya hp gue belom ada teknologi buat ngambil sinyal wifi yang ditawarin buat nikmatin internet. Jadi ya full kuota internet sendiri aja, dari hp sendiri. Gak boros juga, seminggu itu beli pulsa 10 ribu buat paket internet yang lemot, gue masih inget gak bisa buka bokep di hp itu teh euy, cuman bisa wa, fb, ama browsing aja. Sebenernya line bisa, instagram belom pernah gue coba, soalnya ya itu si hpnya juga gak ada google playnya jadi mesti download di web2 yang ngasih aplikasi yang bisa di download. Enaknya hp itu hemat pisan euy, 10 ribu seminggu atuh, haha. Sekarang gue beli paket internet aja 25 ribu buat sebulan. 1 Giga bit buat internet sisanya 5 Giga bit buat cadangan kalo 1 Giga bit dah diabisin, nah 5 Giga bit ini dipake cuman buat free fb, wa doang. Lebih murah sekarang sih kalo dibandingin sama zaman dulu. 10 ribu seminggu, kali 4, jadi 40 ribu sebulang, lah ini 25 ribu buat sebulan dah bebas cuman ya browsing, maen ig cuman di 1 Giga bit awal aja, sisanya gak bisa.

Balik lagi ke kerjaan, nah beres kerja di sana gue terus keluar kerja, terus nyari kerja gue beli Samsung Galaxy Young 2 bekas, gue juga gak ngerti ni hp bisa buat wifi atau enggak, gak pernah nyobain ke free wifi, terus online jadi gue gak ada pengalaman onlilne wifi dari hp.

*****

Gue baru ngerti cara gampang biar tetep online, sebenernya tahun 2018, atau tahun 2016 gue lupa euy. Gue tau ada cara ngehubungin hp ke laptop atau ke ipod, bisa jadi kaya wifi si hpnya. Gue lupa gak nanya caranya soalnya yang gue tau Abang gue punya ipod yang dihubungin pake iphone atau laptop sodara gue yang dipasok internet ama hpnya biar bisa online. Dua2nya bisa online gara2 hp.

Gara2 gak punya ipod, gak punya laptop cara itu ilang aja dari pikiran gue. Yang gue inget itu cara di tahun 2012, ya modem colok 3G yang dicolok ke komputer. Gue taunya itu jadi pas di tahun 2017 punya laptop ya gue ngehubungin pake modem colok 3G tadi. Oh iya lagian gue gak punya hp yang bisa di hubungin ke laptop. Gue masih pake hp low end yang terus gak gue ulik, gak gue google biar bisa nyambung ke laptop gue, kan dah ada modem colok 3G tadi juga sih jadi ya online mah tinggal colok. Terus ya beli nomer baru buat di injeksiin ke modem colok tadi. Dah beli paket internetnya lewat sms, terus colok ke komputer, connect, terus ya tinggal make internetan aja.

Gue lupa di tahun 2018, 2019 cara itu. Ngenyabungin hp ke laptop buat masok kilo bit data pulsa yang ada di dunia maya. Gue bener2 gak inget, jadi pas 2020 gue online ya di warnet, soalnya modem colok 3G gue gak bisa didukung ama OS Windows 10 Home, gue malah minta buat beli MIFI, modem wifi yang mobile yang kaya modem colok gue cuman ini mah 4G terus ya ini beda juga sih, cuman sama2 bisa ngasih sambungan internet ke komputer. Nah MIFI ini tuh router yang bisa dibawa kemana2 terus ada batrenya, jadi buat kegiatan diluar rumah, kantor, atau tempat2 yang dikhususin gak bisa diem di tempat. Jelas bukan router wifi yang cuman bisa ditempat aja, kaya ya kalo ada di kantor ya gak bisa dibawa keluar, nah ini router wifi nah si MIFI mah beda bisa dibawa2 aja gitu, kelebihannya sama kaya modem colok 3G gue: mobile.

Kekurangannya juga sama, gampang panas, terus ya mesti di istirahatin, terus batre di MIFI itu ada waktunya mesti di cas. Yang gue tau sih gitu, jadi ya pemakeannya gak bisa terus2an ada jeda buat ngisi batre, ngedinginin MIFI. Ah ribet, tapi gue sengaja pengen beli itu buat kebutuhan usaha gue, gue butuh online, jaringan yang biasa aja sih gak usah kenceng2, cukup bisa online soalnya, dengan spek laptop yang entry level, koneksi internet 1-2 mega bit, atau 30-70 kilo bit dah bisa buat upload, download, browsing, nonton, gue sih gak butuh yang mesti bagus sih, ya bagus sukur sih cuman asal ada aja juga dah bisa mulai usaha gue. Pengusaha online mah bebas gak tau gue kelewat gampang bersukur ama apa yang udah gue punya atau emang asal ada aja seneng. Gak tau juga sih.

*****

Sekarang gue googling, ternyata yang gue maksud ngehubungin smartphone ke komputer itu tethering, jadi pulsa hp dipake buat komputer, yang gue pake sih 2 cara sih, yang pertama, hp Ibu gue pinjem buat online, ya tinggal di colok pake kabel data ke laptop terus ya disetting lagi aja, tethering, usb apalah2 gue lupa. Tapi sekarang gue nyobain pake jaringan wifinya aja sih, gak nyobain yang bluetooth sih gak ngerti caranya euy. Nah gue juga pake smartphone asus zenphone 5 buat tethering lewat wifi, jadi wireless. Batre hp awet gak kaya gue online langsung lewat itu hp bisa 4-6 jam lah. Kalo online fb, bisa 2-3 jam itu batre hp abis gitu aja. Jadi lebih hemat batrelah, terus enak aja ngetik di laptop yang qwerty, ada mouse yang gue tambih di laptop soalnya gue gak nyaman buat pake touch pad di laptop. Jadi pewe lah pake internetnya gak kaya di hp, cuman kerugiannya gak bisa dibawa ke wc euy, kalo boker jadi mesti pake hplah, gak mungkin gue bawa laptop buat boker, lagian kloset gue itu kloset jongkok bukan duduk jadi gak bisalah.

Nah kalo wifi yang diluar itu ya hotspot namanya, jadi pas gue dikantor free wifi ya itu teh hotspot. Jadi bisa ngehubungin hp, komoputer, laptop gak pake kabel ama internet.

Cuman kelebihan hotspot itu teh, jangkauan areanya, bisa ampe radius 30 meter, kalo tethering mah 10 meter aja, terus kelebihan laennya bisa nampung jumlah perangkat yang lebih banyak sambil gak perlu kawatir koneksi lemot. Jadi orang2 pada betah kan kalo di hotspot kenceng kaya kafe, rumah makan, temen ampe pusat perbelanjaan.

Sekarang gue beli paket internet Rp. 3.500 buat 1 Giga bit sehari. Kalo dah abis tenang ada pulsa safe jadi pulsa gak kesedot kalo paketnya dah habis, tinggal dimatiin aja koneksi internetnya di hp terus masukin nomer buat masuk ke pembelian lewat sms, entar beli aja pulsanya, terus ya online terus.

Sekarang gue download Gorillaz band yang gue dulu zaman SMP dengerin ampe beli cd bajakanya, saya gue cuman punya 1 album remixnya, 2002 kayanya deh. Gue sekarang download diskografinya ampe beres. Terus dengerin diskografi band lokal Koil, gue download soalnya gue gak lengkap.

Ah kalo aja gue gak nelepon temen gue kalo ada tethering, terus gue masih bisa pake modem colok 3G pasti gue online lewat modem flash disk itu sih. Akhirnya bisa online nyaman di laptop, gak perlu ke warnet, bayar Rp. 3.500 aja buat dapet kuota internet segede 1 Giga bit aja.

Diterbitkan oleh asepcashball

Mantan nett, calon pengusaha, seorang pecinta wanita yang doyan baca, nulis ma nyoba2 buat tulisan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: