Saatnya cari teman di Fb

Gue bosen juga ya gak bisa komunikasi ama temen2 Fb, dengan komen, like, share, massage, atau saling sindir. Dulu waktu pertama kali jualan, gila pada ke trigger tuh gue jual murah, ada police price yang berlaku di komunitas rilisan fisik, toko rekaman, atau orang2 di komunitas kaset pita, cakram padat, kalo piringan hitam gue belom beli waktu itu.

Mereka keganggu sama seller baru kaya gue, ama mereka juga keganggu ama lelang goblok yang dah gue lakuin. Ada yang awalnya ngeadd, eh malah jadi ngeblok, bahkan ampe ada yang ngejatuhin gue di ol, ya ini Lelang yang sempet gue ceritain dulu. Yang kacau! Gara2 gue nulis, maaf baru bangun tidur, kenyang makan nasi goreng, terus lelangnya ada yang komen, boleh nuker sama buku, gue bilang oke. Terus gak lama ini lelang mau kaya ebay tapi kok malah ngelawak, kurang lebih kaya gitu.

Di Fb itu temen2 jelas2 gampang ke trigger, kasih sindiran, pasti bales sindiran, ada yang nyinyir kaya nyindir2 terus, padahal belom tentu juga ke gue, gue yang orangnya gampang ke trigger gampang down kalo kesindir malah kalah terus kena mental, tapi itu 2016 sih, panjang ceritanya, ini cerita 2015 ya, waktu gue awal2 jualan. Ih ni orang sindir2 mulu anjing, padahal subjeknya gak disebut terus, gue ngerasa, wah ini mah ke gue, ma terus ngeremove temen, tapi kasusnya sekarang di 2021 gue ngeremove semua orang bukan gara2 itu, lebih ke bosen, cari cara baru gimana gue gak bosen buka Fb, kayanya bakalan gue ulangin lagi deh buat ngeremove temen2 semua kalo gue bosen lagi, biar gue tau siapa aja sih yang welcome ama mau komen atau like, share, atau bisa juga massage ama gue, ngechat jarang sih gue ama temen2. Tapi dengan ngeremove gue jadi tau, ternyata gue emang butuh temen, butuh mereka yang support atau butuh yang bisa diajak ngobrol ama gue, mau ngobrolin apa aja.

Gue kirim pertanyaan digrup, ada beberapa komen yang ngejawab gue, dari sana gue mikir. Kalo gue gak ngajuin pertanyaan, gak posting apapun, gak akan ada juga bahan obrolan atau bahan komen, kalo gue gak ngelakuin hal yang sama ya gue juga gak bakalan punya temen. Ya udah gue buat postingan, posting WIP yang redesign, redraw, cuman gak redraw sih, males pake pentab euy, mending redesign, WIP juga itu dah tahunan kali, gue emang terlampau jelek buat ngerjain kerjaan personal, kerjaan komersial kaya buat font family aje lama, apalagi personal yang kaga ada duitnye, terlebih gue rasa gue perlu ngebenerin postingan di FB dengan tanpa ngehapus timeline, cukup ngehapus teman, semuanya, semua temen, terus berharap denga temen2 baru gue dapetin hal baru di FB yang awalnya dari gue bosen, malah makin bosen, kangen temen2 lama euy, pengen like, komen, share, shitpost, shitshare, atau sekedar jadi badut terus jadi goblog. Ngalay.

Buat gue ngebuang waktu kaya gitu, ngebuat gue jadi manusia sih, jadi orang yang wajar. Seenggaknya, gue pernah ngelakuin banyak hal kaya, jadi pendiem, stalker, atau typedesigner selama 1 tahun, tanpa posting apapun di Fb, dengan gitu, gue dapet ilmu, kalo sosial media itu gak penting lebih penting nyari duit. Selepas itu gue rubah lagi Fb gue jadi seller dadakan, gue dapet ilmu kalo jualan itu gak hard selling ja, mesti ngobrol2 juga, mesti share jualan, atau pelengkap kaya cara2 ngerawat kaset atau apapun, yang akhirnya gue dapet kesimpulan, gue kurang jauh maennya, banyak cara buat dapetin yang kita pengen, kebutuhan yang dipenuhin buat dapetin tujuan2 awal buat dapet duit mislanya ya perlu macem2 cara, strategi yang beda yang kadang emang butuh coba doang, asli asal nyoba doang bisa dapetin yang lo mau, tapi gak semua yang dicoba pasti didapetin butuh waktu ama kesabaran, konsisten, butuh knowledage, butuh komunikasi, butuh audience, butuh tau strategi, apalagi gue desainer komunikasi visual, DKV, udahlah soal media sosial harusnya gue megang sih, media gue ngerti, komunikasi gue ngerti, visual gue ngerti, tapi da gue terlalu pd buat itu ampe akhirnya gue naif, ampe, gue rasa gue perlu banyak belajar lagi, perlu nyoba2, banyak nyobalah. Jangan kepedean juga, entar ilmunya gak nambah, mesti banyak belajar lagi.

Dari Strategi gue buat dapet temen itu, ya perbanyak postingan, dah itu aja. Terus kalo misalkan diblok, diunfriend, gak usah mikir dia kok unfriend, dah biarin aje, entar juga keganti ama orang2 yang asik, gak usah takut gak punya temen, gak usah takut kalo gue ini gak bisa komunikasi, gue udah belajar banyak kok, gue perlu media buang unek2 sih, cuman kayanya gak disosial media sih, mending buat font dapet duit, atau jualan, tapi kan gue dah nyoba, dan ternyata gak gitu buat dapetin itu, butuh temen2 juga, butuh komunitas, jadi gak bisa hard selling, mesti soft selling, gak juga tergantung kebutuhan, sih.

Jadi biar dapet temen kan rajin posting, jangan lupa rajin add friend, rajin2 juga posting, gak di branda aja, atau di timeline lo, ya ini maksudnya buat status, dibanyakin aja, terus kalo di grup juga coba buat pertanyaan2 juga, biar lo bisa dapet masukan.

Jadi bisa disimpulin.

  1. Buat postingan terus2an.
  2. Like, share, komen juga postingan orang.
  3. Kasih like, kalo posting pertama kali lo, biar orang juga ikut ngelike postingan lo.
  4. Buat sensasi? No, buat sesuatu yang lo suka, gak usah mikirin itu gimana2, yang pasti gak pentil, meki ya atau hoax, kebencian, atau SARA, atau ngomongin orang, atau mungkin gak pantes, wah entar gue susun ulang dah buat poin ini, panjang.
  5. Lakuin ya lo suka, jangan banyak curhat juga: kalo lo nganggur, ya gawelah, gue aja ngefont masih bisa rebahan, cuman ya kurang2in lah rebahannya, santuy2nya kurangin, banyakin kerja, jangan lupain tugas: ngefont, jualan, posting2, pokoknya gitu aje.
  6. Kalo ada yang komen gak setuju, atau kontra, jangan kasih blok, atau unfriend, biar, dia itu sebenernya lagi ngejelasin yang dia gak setuju atau opini gue yang ngeganggu pikiran dia, atau emang mungkin gue salah, gak bener, atau mungkin opini dia juga bisa nunjang opini kita dengan nambahin perspektif baru.
  7. Buat grup apalah gitu, gue dulu mau jadi admin grup bongkar penipuan, cuman gue rasa tenaga ama waktunya itu euy, jadi grup itu dah 5 taun gak gue buat publik, niat awalnya gue pengen nyibukin diri di organisasi, biar tau apa aja sih pengalaman yang gue dapetin dari grup ini, cuman gak gue jalanin, jadi pengalaman yang gue dapet, gue gak fokus gak bahagia, gara2 kebanyakan proyek, baik personal maupun komersial, tapi lama2 personalnya banyak, komersialnya dikit, yang ngebuat gue jadi gak ada penghasilan. Jadi ya gue tetep, kudu ngefont, kudu jualan, biar gue bisa dapet duit ma bertahan idup. Salahnya gue gak kerja sih dari dulu,j adi pengalaman kerja gue sedikit, gue sempet kerja cuman 7 bulan.
  8. Banyakin link, mumpung masih muda, gue dah 32 sih, dah tua sebenernya, dah dewasalah ya, gak ada kata terlambat sih buat nyoba mah, sebenernya ya, jadi coba aja lo maen2 di grup2 Fb, kan banyak tuh, dari yang opininya gak penting, atau dari yang politik yang gue hindarin, soalnya banyak buzzer juga sih di Fb, jadi cobalah lo ikhlasin temen lo ini buzzer, kali aja dia suka ama personal branding lo, jadi dia mau like, share, komen, dibranda lo, eh ini branda atau timeline sih yang gue omongin, yang kalo masuk akun personal lo itu dia bisa liat timeline lo, ya itulah pokoknya yang di akun personal lo bisa di share, like, komen. Kalo pun bukan buzzer atau spammer ya gak apa2 jug asih, lo bisa ngasih tempat dia, biarin dia ganggu juga yang penting eksistensi lo di ol tuh ada, gak diem aje.
  9. Add temen2, wibu, penulis, publisher, komikus, illustrator, media, zine maker, font designer, desainer grafis, psikolog, atau bisa ampe kolektor komik, kolektor rekaman, kolektor apa kek gitu, atau apalah gitulah yang bikin lo belajar banyak hal dari mereka sebagai praktisi, atau akademisi, atau apalah gitulah, tapi jujur nih, gak rame kalo punya temen sedikit tuh, pengetahuan kita tuh jadi sempit, informasi yang kita dapet cuman sedikit, ruang pikir kita jadi gak terbuka, sama terus buka pikiran sama hal yang baru. Belajar banyak hal bikin idup gue ini terus bertumbuh biar gak bosenan, bisa pindah2 media kalo berkarya.
  10. Jangan nyerah biarin kalo kamu sendirian, gak punya temen, biarin kalo kamu pengguran, gak punya penghasilan, ada Fb yang bakalan bantu lo buat itu, lo jadi punya banyak temen ampe 5000, lo jadi punya banyak komentator, lo punya banyak share dari netizen, netijen yang nyinyir, moralis, ama gampang ke trigger di Fb. Seenggaknya lo jadi ada kawan2 yang bikin lo tau dunia ini berputar, terntunya cuman ol doang ya disini konteksnya, kalo dinunia luar beda lagi euy. Entar kaya gue dapet kerjaan di offline, gue belajar banyak lagi sosialisasi, komunikasi, ama ngebenerin yang kurang2 dari gue, tapi terlalu muluk2 sih, ampe akhirnya gue sadar karakter gue ni tuh santuy, bisa begadang, bisa kerja keras, bisa ngelawak, tapi gak bisa naek motor, gak bisa naek mobil, tapi punya kesempatan yang sama buat belajar. Tapi kalo dapet direktor atau art director yang bagus kayanya gue bisa buat karya yang okeh, selama gue dihayoh2 sama orang, ya pasti gue bisa ngerjainnye sih.
  11. Kalo lo mau cari kerjaan, coba apply2 kerjaan di Fb, banyak banget dah. Dari yang freelance, ampe kerjaan kantoran juga ada, lo bisa sesuain ama cv lo ama portofolio lo, juga bisa dilengkapin ama semua skill yang lo punya di sana, jadi jangan ampe kaga ada pemasukan gara2 lo terlalu betah nganggur, nonton anime lah, buat zine lah, buat musiklah, buat apa yang lo suka, tapi jangan lupa kalo kismin ya jadi kayalah, cari gawe, gak mungkin lo terus2an minta duit ke orang tua, atau jadi beban keluarga, gak mungkin juga lo ngejalanin hobi tapi gak bisa mandiri, atau ngehasilin duit dari itu, lo butuh kerja, atau usaha atau apalah gitu yang bikin lo mandiri ekonomi, gak kesusahan kalo beli apa2.
  12. Janga pernah males, males bikin lo gak produktif, kalo lo bisa ngebangin personal branding di Fb lo punya banyak peluang kerjasama atau yang gak lo duga2, kaya dapet tawaran kerja atau bisa dapetin duit dari endorse, gue belom pernah dapet endorsment sih, tapi pengen, soalnya gue butuh duit juga sih.
  13. Jangan pernah bilang enggak buat belajar banyak hal, yang nantinya bikin Fb lo gitu2 aja, belajarlah.
  14. Malu sama yang muda, tua mereka sibuk nyari duit gue malah rebahan2, santuy tapi masih minta duit dari nyokap atau orang terdekat, malu sama gelar sarjana, jadi postinglah yang bikin lo bisa dapet duit.

Segini dulu aje deh yang mesti gue lakuin teh, entar kalo ada apa aja yang perlu diupdate mungkin gue bakalan perbarui post ini sih.

Diterbitkan oleh asepcashball

Mantan nett, calon pengusaha, seorang pecinta wanita yang doyan baca, nulis ma nyoba2 buat tulisan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: