Akun FBque hari ini

Setelah berkelana, ke sana-kemari, dengan teman2 baru diakun lama, akun ini dah gue buat dari 16 Juni 2009, gue taunya dari email yang gue masukin di fb, pas gue kena banned pas gue nge-remove all friend di fl. Friendlist yang isinya temen2 dari tk-kerja, usaha juga ada, pokoknya tanpa terkecuali gue remove semua temen, gak ada tapi2an, delete semua, cari temen2 baru.

Di akun yang dah tua ini, dulu sempet gue gak mau pake foto pribadi gue, dulunya sebelom jualan rilisan fisik sih, ada sih foto2 gue, dari kerja praktek di radio, kunjungan ke kota temen, ampe ampas2 yang kaya alay2 gitu, terus gue jualan, ya gue delete semua hal tadi, gue mau fokusin akun ini buat jualan aja, eh pas gue kena delusi gue upload foto ampe banyak komen yang masuk nanyain kenapa gue difoto didepan komputer disamping jalanan? Lagi ngapain? Sebenernya gue lagi nge-print revisi gue yang gue kerjain 3 tahun lamanya. Dari sok anonim, tapi nama pake nama asli, dengan status2 yang di-set publik, gue jelas sebenernya bukan anonim, cuman kaga ada foto asli, cuman bisa dipercaya soalnya gue jualan dengan jujur, tambah pernah ketipu juga. Haha sial.

Di akun ini gue sempet posting alay, share karya, dapet temen baru, dapet referensi baru, dapet duit, dari jualan karya, ya sebenernya fb bisa dipake bermanfaat bukan liatin shitpost terus, bukan liatin mim terus, mau dipake apa umur buat liat hal2 yang ngehibur doang? Sementara gue butuh duit, idup gue dah kenyang ama santuy2, bersantuy2, nyantuy2, jangan sampe gue nyesel lagi, berkali2. Gue dah nyesel gak produktif ngehasilin duit, sementara produktif berkarya kayanya sering gue lakuin, sementara berpenghasilan kaga gue dapetin. Jadi carilah kerjaan sesuai minat, bakat, atau kebutuhan, kalo bisa ya kerjain aje, kalo kaga ya coba belajar dulu, adaptasi dulu, pokoknya lo harus mampu ngehasilin duit aje! Ko elo? Gue kadang suka ketuker2 ama gue/lo, soalnya gue sempet delusi. Seorang artist visual yang delusif, atau type creator yang delusional, atau apalah itu penyakit skizo yang gue dapet dari gue sakit jiwa, tapi kita kesemampingin dulu skizonya, kita bahas FB lagi.

FB, facebook, tempat orang2 posting, share, komen, like ama sesuatu yang mereka sukai, dari hobi, jula-beli, ampe penipuan, atau nyari duit, ampe buang duit, ampe kesel, bahagia, atau personal branding, atau tempat cari kerja, lowongan2 kerja, ampe iklan2 dari brand2 semodel UMKM, ampe global brand yang ada di Dunia. Facebook tempat dimana gue ngehabisin umur gue buat ngehilangin kebosanan, tempat gue dapetin segala hal yang gue butuhin, sebagai orang yang masih loyal ama Efbe, dibanding Ayji, gue tipe yang Fesbuker banget sih, soalnya bisa nulis, bisa foto, video, musik, ama yang laen2 diantaranya, dan laen2 seterusnya. Disini media yang tepat buat gue belajar visual, trend lokal, global, atau tempat gue tau info2 terbaru soal apa pun, terlebih viral2 yang gak penting gue tau juga dari FB duluan daripada TV, kadang gue gak sengaja nonton TV. Nemenin nyokap gue, Ibuque kadang ngomongin soal TV berita2 gosip artis indonesia, atau berita2 gak pening tapi ngehibur semodel On The Spot, atau berita2 viral.

Ya gue gak suka banyakin waktu buat nonton TV, tapi gue suka buang waktu di sosmed.

Sebenernya dua hal ini teh sama aja, loh, aslina. Yang satu ngajarin kita buat kosumtif atau gak produktif, yang satu lagi ngajarin kita buat buat2 konten kreatif, bukan hanya buat aja, atau buat cuman nonton ama terhibur, terlebih gue yang gak kritis tapi pernah juga sok kritis, buat gak nonton TV soalnya isinya pembodohan, isinya konumerisme, isinya gosip artis yang gak gue tau atau gak berteman apalagi sampe ngerasa dia penitng buat idup gue, gue gak punya role model artis ibu kota, gue lebih suka kaya anak Punk gitu, bangun komunitas, berjejaring, berangkat dari ide2 yang kadang dah gak kepake, tapi gue pertahanin, atau gak ide lama yang dah ilang tapi pengen dimunculin lagi, ya gitu aje sih gue yang sok nge-punk, Ucok Homeinside wannabe, gak tau kenapa ya berasa enak aja ngikutin grup homeinside ini, di FB dulu dia ada, cuman berenti pas beliau cuman bikin fp tipoworkspace, soal kerjaanye, dari ban piterpen, ampe logo2 dia, keren2 anjis, pro dah, gue yang kebetulan bisa ngebuat logo, jadi ikut ngerasain oh, gini toh, kalo jadi desainer komunikasi visual tuh ya harus buat portofolio, harus banyak job, harus ada bukti kalo gue dah buat ini, buat itu, pokoknya berkarya ja deh.

Dari awalnya wannabe, ampe gue sadar Fb emang gak penting, tapi gue butuh temen, gue butuh temen ngobrol, gue pengen bikin personal branding gue, tapi kadang gue suka gak konsisten, suka keluar jalur, gak tentu arah, yang mau gue perbaikin ya itu.

Gue mau jualan, gue mau cari duit di FB.

Gue butuh duit.

Sekarang yang ada gue tuh butuh shitcomment di status2 orang euy, atau postingan orang, gue butuh nyalurin kesampahan, junk2 gue di kolom komentar, sempet juga gue shitcomment di blog personal icik himisit, gue rasa itu kebiasaan gue shitcomment di kaskus, kebawa2 sampe ke blog, blog gue juga isinya sampah sih, gak terlalu berarti lebih dari sekedar tempat kaya recyle bin, yang mungkin gue bisa olah jadi karya, atau riset dasar dari draft light novel gue yang belom gue olah2, atau media2 laen kaya lagu, anime, manga, atau mungkin novel beneran, atau zine, ya mungkin aja sih gue buat yang kaya gitu tapi entarlah, energi gue mau gue maksimalin di kerjaan dulu, biar dapet duit, gue pengen beli buku2 type design, tipografi, font industry, atau hal2 yang bikin gue makin pandai berkarya font, bisa produksi lebih maksimal, bisa pro. Buat itulah gue butuh kerjaan laen pelengkap gue ngefontasi.

Grup kerjaan disini banyak bener, gue fokusin ke 1-2 hari postingan terakhir, biar bisa cepet2 dapet gawe, gue liatin ada vector pet, ada vector pemaen bola, ah gampang, cuman gue belom pernah buat vector pet sih, line vector, juga bisa, gampang2 anjis, lagian satu proyek cuman 50rb, murah, tapi mayanlah daripada gue jualan kaset diskonan gue yang 5k perkaset, ya mending ini sih, lagi itu jualan kaset cuman buat pelajaran ke nyokap gue, dia pengen barangnya dimurahin terus, dari jualan rajutannya terus dimurahin, gue bilang bu, masalahnya tuh bukan harga, masalahnya tuh jodoh, belom ketemu jodoh pembeli yang cocok sama barangnnya, jadi tunggu aja, diterus2an, tiap hari negesin pengen harganya dikurangin, ya gue awalnya bertahan dengan harga yang net, tapi dah semmingguan, akhirnya gue nyerah, gue turunin harga rajutan. Tapi yang beli malah sepi, gak ada efek positif sih, penjualan tetep 0%, tuh kan gue bilang apa ke nyokap. Terus gue pake ilmunya buat ngediskon 50-90% kaset pita gue. Hasilnya dihari pertama langsung terjual 15 kaset, terus 4 kaset, ampe buku yang gue diskon juga laku 5, total ada 110k yang gue dapet dari hasil dikon gede2an, belom lagi di tokped ada promo yang biasanya free ongkir itu mulai 50rb, jadi mulai 10k, jadi banyaklah yang beli barang murah digue, gue bilang ke ibu tuh kan bu, laku, iya kan murah, iya murah, duitnya yang masuk sedikit, sementara cepet abis juga kalo dikit mah, kebutuhan kan banyak, jadi duit masuk dikit, cepet abisnye. Dia belajar buat gak nurunin harga, gitulah kesimpulannye.

Balik ke gawean. Di kumpulan2 kerjaan itu, gue ngisi lowongan satu, buat trace orang, gak ada kabar. Terus gue gak sengaja dapet lowongan kerjaan dari share temen, temen fb, yang jelas2an gue gak kenal di rl, atau gak tau dia itu kaya gimana orangnya, ah gue coba, gue download CSP, buat ikutin dasar kerjaan yang gue pake, aplikasi ini tuh semacem gabungan Ps ama SAI, buat line artist, parahnya gue bikin komik BL, gila, komik dewasa coy.

Gue sekarang lagi pilih2 artwork gue di fb, yang mana aje nih yang mau gue pake buat dibuat lineart ulang, buat contoh portfolio, ama mau buat cv juga, katanya sih buat pdf gitu, si portofolionya teh, ya dah dijalanin aje dah.

Jadi fb kayanye dipake buat nyari2 gawean lah bagusnya, jangan dipake buat liat2 mim aje, atau ngeliat2 lewd, Rosé mulu juga bosen kali, too much, jangan dipake buat blogwakling lah istilahnya, buat engage doang semacam shit comment, shitlike, atau buat pecitraan konyol kaya ngelawak aje, coba gue nyari duit di Fb. Jadi gue putusin buat nyari kerjaan, vector, font, atau yang laen, buat tulisan atau lagu gak gue kejar, soalnya duitnya gak ada di sono, entarlh gue duitin, kalo skill, equipment dah lengkap, baru dah gue bikin musik, atau mulai ada waktu ama energi buat light novel, gue kejarlah, balik ke gawean lagi, buat vector gitu, gue usahin buat bikin sample dulu dah. Biarin gak sesuai idealis gue, biarin gak idelis juga yang penting bisa makan, bisa dapet duit, bisa bayar utang 25jt Almarhum Babeh, ke Nyokap, gue dah milih buat bayarin duit 25jt ke Ibuque sebagei ganti bayar hutang Babeh ke Nyokap. Jadi gue mesti nyari2 gawean yang bisa nambah penghaslian gue, gak jualan font atau preloved aja.

Sebenernya banyak sih utang gue teh, ke mekahin nyokap, beres kuliah langsung gawe, atau utang gue sendiri buat bikin karya2 gue bisa rilis dengan hasil yang maksimal, gak pas2an atau asal jadi karya atau rilisan yang gak sesuai ama keinginan gue. Pokoknya gue mau berkarya lagi, tapi entar ya, sekarang gue mau maksimalin produksi karya gue di industri dulu. Buat font gue masih bisa ngerjain di 2 hari setelah 5 hari gue ngerjaiin deadline komik gay US, gue masih bisa ngefont, ngemaksimalin font family gue. Itu juga kalo gue keterima, tapi gue insaloh keterimalah, nanti gue kerjain deh lineart, sambil ngefont.

Jadi gitu aje gaes, idup gue 2-5 hari ini, gue masih nyari temen2 yang bisa gue ajak kerja sama buat ngerjain proyeknya, atau bantu2 mereka biar gue dapetin duit dari kemampuan desain komunikasi visual gue. Lebih bermanfaat dari sekedar shitcomment, shitlike, shitshare, shitposting doang mah. Gue mau berkarya nih, dapet duit, ama bisa bayar utang. Gue mau jadi produktif, tapi dapet duit, bukan produktif tapi cuman jadi karya, jadi kalo2 entar gue jarang nulis di Blog ini, kayanya gue sibuk ngerjain gawean, atau mungkin gue males nulis, bosen nulis, tapi kayanya enggak deh, tapi gak tau juga, kalo deadline mepet sih kayanya gue bakalan milih ngerjain deadline sih dibanding curhat disini. Dimari cuman ngeabadiin pemikiran ama jurnal harian gue sebagai seller vintage, font artist, desainer komunikasi visual, penulis pemenang nobel, atau deretan kemungkinan2 laen lah. Duar2lah pokoknnya, lebay!

Terus kita datengin lagi konteks, gak kita datengin tema Skizo lagi. Penyakit jiwa yang gue derita ini, penyakit yang butuh kerjaan pisan, soalnya kudu hidup mandiri kan sekarang, gak mungkin gue dirawat terus ma care giver, kalo nyokap dah dead, entar Abang gue yang jadi care giver, kalo Kakak kandung gue dead juga? Siapa yang ngurus? Keluarga juga belom tentu mau nerima, jadi ambil aja kemungkinan terburuk, semua mati, tinggal gue idup, gue mau mandiri kalo gak dari sekarang mau sampe kapan gue santuy2, molor2, gak dapet duit? Jadi gue perlu gawe, kalo pun sakit, atau ada bisik2an ya dengerin musik aje terus.

Pokoknya dengan sakit, atau enggak, gue harus mandiri.

Gue harus gawe.

Ayo nyari gaweaan di Fb, kumpulin duit.

Diterbitkan oleh asepcashball

Mantan nett, calon pengusaha, seorang pecinta wanita yang doyan baca, nulis ma nyoba2 buat tulisan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: