Gue zaman dulu di FB tuh kaya gini

Paling awal gue maen Fb ya gue gak ngertilah, rang dah 2 tahunan gue gak pake sosmed. Yang pasti gue tau ini tuh lagi buming banget di 2009, orang2 pada ketagihan online, berteman di dunia maya. Dalem fb gue ketemu temen2 SD, SMP, SMA, singkatnya gitu, ya pastinya ada temen kuliah.

Gue sering2 posting lama2 mah. Awalnya gue ngeeksplorasi ini teh apaan, atau apaan, kadang gue juga bingung ama fitur2nya. Dulu sih gak selengkap sekarang ya. Gak sebanyak sekarang fiturnya, ada video, marketplace, ada grup, gue belom banyak asupan lewd, font, ampe gue juga belom ikut jual-beli gitu, dulu mah ya gue pake fb cuman buat liat2 status2 temen aje sih. Di komenin, enggak ngelike, kalo pun iya jarang banget malahan. Saling ngomong sampah, becanda, atau ngebully, bikin hoax biar citra gue jadi gay. Atau dibecandain ditunggu Om Bram? siapa juga anjing Om Bram teh? Pokoknya kaya2 gitu aje.

Ada temen SMP gue yang tanya di chat, masih suka si M gak, ka si Y, ya gue jawab aja masih, eh tapikan di satu kampus, bisa kali? Kurang lebih omongannya kaya gitulah ya. Akhirnya si M, mantan gue ini bilang, ah kamu mah gj, gak jelas maksudnya tuh. Waktu beberapa hari kemudia gue butuh ke warnet buat ngerjain tugas. Pas gue pikir. Gue sadar, eh iya juga ya, gue kadang terlalu rumit, malah orang mikir2 ni anak kenapa? Oh jurusan desain, emang unik2 anaknya. Mungkin gue termasuk sok2 nyeni, dengan kalimat2 sok2an kaya Homicide, gue penggemar homiped garis keras, gue bisa ngomong serumit dia. Singkatnya gitu, fans yang alay yang keliatan norak, sambil belom pernah nonton live show homisit.

Gue juga kadang buat status2 ngomong kasar, ama status marah2. Atau status kebalik2, gitu, duh enak ya tugas pada beres, bisa tenang tidur, sambil makan indomie, kurang lebih kaya gitu ya, tepatnya gue lupa. Eh ada yang komen, duh hebat nih, kayanya kuliahnya bener nih. Padahal mah gue tugas belom beres, kurang tidur, boro2 makan indomie, gue makan telor ceplok doang. Pencitraan. Tapi awalnya gue gak sadar, oh gue mah da ngomong sebaliknya, bukannya buat ngehoax atau pencitraan, waktu itu teh gue gak ngerti pencitraan, boong ke publik. Tapi yang gue lakuin dah ngejelasin itu semua. Media sosial dipake buat hahihi, ama sok2an betul.

Gue mulei becanda, soal gay, eh sayang mau kemana kita ke kamar lagi yu, biar anget, atau apalah kurang lebih kaya gitu. Temen kuliah gue bilang, duh Sep, itu hapus deh, gue gak akan jawab. Lah kata gue teh, becandanya kok gak sama ya. Ya dah gue hapus.

Kehidupan kampus juga belom sepenuhnya gue rasain, dulu fban juga buat nemenin nyari referensi visual, doang ya. Gak pake data2 laen, cuman visual2 doang.

Gue mulai ketemu akun2 anarkis, punk, ama literatur2 anak2, anak2 disini yang ngelakuin seni, punk, politik, atau musik, film juga ada, pokoknya para nerd, geek, atau anak muda yang dijalur yang jalan mereka lakuin sepenuh hati. Oh pemerintah berengsek, oh SBY fuck off, pokoknya gue jadi benci pemerintah, terus gue pengen juga jadi kaya gitu. Bukan berearti tulisan2 mereka itu langsung ke pemerintah, tapi sistem kapitalis, komunisme, anarkisme gitu gue dalemin pas 2011, sementara di 2009, gue cuman tau ini ada tulisan yang discan dari foto copyan, soal politik, atau filsafat atau apalah gitu yang gue sendiri bingung, rumit2 gitu soalnya. Gue baca, tapi gak pernah ngerti esensinya, sekedar baca sekali, tanpa diulang2 biar ngerti, atau baca perkalimat ma mahamin istilah2 enggak, gue sekedar baca aja dari halaman awal, ampe halaman akhir. Gue pengen ngerti politik, ya biar gue ngerti lirik2 homoshit.

Ngerti enggak, malah gue gak masuk sama sekali, terus gue kuliah aje, ngelawak2 di fb, sambil gue ngerjain2 tugas, sampe akhir 2011, gue nemuin blog yang isinya literatur tadi, gue baca2, tapi sama, gue gak dapet ensesinya, cuman ikut2an, food not bomb, gue taunya cuman berbagi makan, masak bersama, makan bersama, gue tau anarkisme, anti aturan, anti hirarki, grup anonimus, isinya bukan kekerasan, chaos, atau rusuh, anarkisme itu yang bukan ada di media. Sampe akhirnya ketemu zine2 laen, dari sablon, desain grafis, buat zine, atau soal2 ekonomi laennya. Soal ekonomi, politik, gitu aing kaga ngarti anjenk! Ada zine bokep, yang mayan bagus buat mahamin tulisan2 bdsm, soal seks, gue suka baca.

Akhirnya 2014. Gue buat zine diblog ini, dengan konten yang suka2 gue.

Terus gue sadar, kalo gue tuh pengagguran yang butuh duit, bukan ilmu2 yang pengen gue dalemin, belajar baca buku Pramlah, soal tetralogi pulau buru, gue sekarang malah taunya itu cerita soal penjajahan, ama lingkungan yang ada dikuasain Belanda. Soal jadi penulis koran, pergerakan. Dah, beres belajar jadi penulis bloger, zine, gue juga dari 2013 mulai buat musik, Fb dah gue diemin, gue gak aktif selaen stalking2, temen2 dah kerja dari 2013-2014, ada yang lulus duluan tepat 4 tahun, sementara gue lulus 5 tahun, gue wisuda di 2013. Fb dah bosenin banget sebenernya dari 2011 juga, pas gue zaman2 sering2 baca2 zine, gue rasa musik2 gue juga mulai rumit, super kenceng, berisik, ma makin random genrenya, death metal, teknikal death metal, brutal death metal, ama mulai ketemu blog si Ucok Homosih. Jadi gue dapet pasokan hip hop sesuai selera Icik himisit. Boombap, soulful, eksperimental, dan laen seterusnya.

Makin anti mainstream dah selera gue, unda-indie, selaean emang gue jarang nonton tv. Gue juga nikmatin film2 hollywood bajakan dari sistem file sharing, bisa dari temen, sodara, atau langsung donwload, atau minjem dvdnye, temen2 gue suka film, buat hiburan sambil nambah2 referensi visual. Gue ngerasa gue punya waktu yang lebih baek daripada sekedar maen gim PC, Nonton TV, gue sebenernya masih suka baca koran buat sekedar tau Persib. Dah gak dengerin radio lagi, soalnya gue tau lagu yang gue suka sekarang gak ada disaluran FM. Jadi mending dengerin mp3 sambil baca2 zine, kadang bokep-coli-crot juga sih, gitulah kehidupan gue fb-an ama masa2 kuliah, anti mainsream, oh iya nih, gue notnon The Arrival yang youtube gitu soal konspirasi yahudi, elit global, ufo, ma yang laen2, soal teori persengkongkolan gitu gue jadi agen segitiga mata satu, bagian kebencian, ama anti semit.

Bisa ketebak kan? Lagu pusing? Baca zine politik, pusing. Baca, nonton, terus sok homicide lagi. Bisa dibayangin alay nya. Tapi waktu itu gue produktif buat2 lagu, gak pernah gue post di fb, paling ditongkrongan ditanyain grip2nye, terus buat gambar gue rasa sekelas gue paling jago, paling teknis ya? Beda ama paling bagus sesuai ama kebutuhan, kadang gue buat malah gak masuk, .

Dari fb, ke kehidupan gue paling waktu gue jualan juga gue teh ketemu sistem, gue ketemu orang2 yang asik. Gue jadi ngerti jualan.

Jadi kalo soal nyesel, kan gue belajar nyesel nih, kenapa ye dulu gue gak buat musik aja dari awal kuliah, belajar frutiloop kek, atau belajar soundbooth, audition, buat2 demo hip hop instrumental, sambil belajar gitar lebih dalem lagi. Usah si belajar tapi skill gue teh gak nyampe ke teknikal death metal, kalo hip hop juga gue perlu belajar lagi kalo sekarang mah, gak asal sampling2 aja. Banyak yang perlu dipelajarin.

1, itu penyesalan gue. Kurang ke kosnsep idupnya, kurang maksimalin bakat yang gue punya, ama mau nyoba, gitu aje sih.

Ke-2. kenapa gue gak mulai nulis2 yang konsep, sebenernya udah, cuman tau sendiri, gue tuh suka butuh istirahat, ma kadang terlalu tinggi ekpektasinye, kadang directionnya tuh kejauhan, kurang sederhana, ma fokusnya bermasalah, jadi kerjaan2 personal gitu teh kaga beres2 anjay. Jadi perlu dijabarin kasih outline yang jelas, ama deadline, ama to do list yang jelas perharinya, per jam kerjanya. Biar enak ngerjainnye, gue belom terlalu ngerti sistem management proyek, gue cuman tau pelajarin market, buat sesuai kebutuhan pasar, atau bikin vector2, tracing2 geje sebagai latihan. Kan padhaal bisa buat essai, cerpen buat dibuat manga, atau anime, ah sayang euy.

3. Gue kenapa gak dari dulu jualan, preloved, soalnya pengetahuan gue belom sampe sana. Yang gue tau gue koleksi CD musik indie, udah aja, beli kaos juga jarang, soal mahal, murah CD, bisa dingerin lagi lagunya. Biarin cuman kepake buar di-rip ke mp3, terus disimpen doang, kadang baca2 lirik2nya sih. Dah gitu doang gue konsumsi musik doang, gak pernah jualan, padahal kaset2 gue bisa gue jual, ama rare2 juga. Tapi ya udahlah, namanya juga gak tau ama gak ada niatan buat jualan juga.

Ke-4. Untungnya di deviantart, kreavi, behance, twitter, pinterest, fb, gue dah promosiin, vector gue. Terus dari kreavi gue dapet duit, terus gue belajar buat portofolio soalnya itu penting buat dapetin kerjaan entar kalo dah gue lulus kuliah. Gue belajar dari buku desainer lokal yang gue baca. Emang ngefeknya gede sih, orang jadi tau oh ini asep yang suka vector2. Entar masalah kerjaan mah, tinggal nego smaa dikerjain, dapet duit deh.

Udahlah gitu aje dulu lah, jadi dari fb, gue pake aje buat nambah2 referensi, buat gawe, buat upload portofolio, buat ngobrol2, ngebanyol, sambil belajar font, freelance desain grafis atau nyari ilmu2 laen, bisa soal skizo, atau nulis, atau mungkin nambah2 ilmu laen.

Entar gue cari2 lagi peluang baru, di akun fb lama ya isinya temen2 baru.

*****

Gue dulu punya fb 3, 1 akun asli, 1 akun clean, 1 akun bokep, cuman yang akun clean gue remove semua terus jadi akun kaset pita, gara2 gue ngejar penipu lelang gue. Yang akun bokep dah gak keurus, awalnya dibuat buat riset soal bokep, eh malah ketemu grup koleksi kolor buat bahan crot.

Terus akun clean itu awalnya buat gawe, gue pamer fbnya itu fb lama gue dah ke hack, gak bisa masuk, terus yang clean dipake buat yang positif2, sebelom gue jadi ngelelang terus ketipu. Jadi gak jadi, padahal kalo gue balik lagi belajar nyesel, gue bisa kerja di sekolah musik di Jakarta, dengan kemungkinan gue gak bakal sakit kaya sekarang, ama mungkin gue bisa belajar agama kristen, sambil tau kalo jadi minoritas itu gimana, soalnya yang punya kan chinese ye? Gue bisa belajar jago jualan ala sekolah musik. Kemungkinan gue juga jualan buku2 yang mereka sodorin, terus jadi video grapher, ngedit2 video, buat2 media sekolah musik, wah enak, apalagi gue bisa belajar konten2 musik dari sana, kebayang gak gue bakalan tau musik lebih dalem, apalagi soal sekolahnya, kan enak. Cuman ya gue milih yang lebih kecil, soalnya pengen gue kembangin, yang pada kenyataan, gak berkembang malah gitu2 aje, gara terlalu muluk2 kata social media specialist gue.

Gue jadi inget si Uda, dah kaya jualan obat pas ada anak bos besar buat ngejelasin ada proyek sosmed management, biar akun jualan diatur, baik konten sampe jualan. Tapi sayangnya gak jadi, kerjaan itu, dah dibayar murah, di Indo mah.

Terus apalagi ye, enaklah pokoknya waktu kerja dulu, banyak ngobrol2, banyak santei, kadang sibuk, mesti selesei, gak selesei2 gue kena marah, lagian gue kan ngerjain lama, terus gue terus yang disalahin. Ah udah ah, entar curhat terus.

Soal gue dirumah selepas kena skizo gue malah ketemu temen, ngopy anime, buat font, ampe akhirnya font itu tembus MyFonts. Terus buat jualan, sepi, tapi gue dapet yang dibeli dari postingan 2015, laku 2018, butuh 3 tahun.

Terus apa ye, dah pokoknya font beresin, terus jadi freelancer desain grafis, nyari duit ajelah gue, gue gak cocok jadi anarkis, cukup tau aje, lagian belajar politik kalo logika gak jalan, ku’uleun, mah ya jadi sok elitis, sok bener sendiri, bukan sok ekslusif ye gue teh, tapi gue emang kaga punya temen.

Fb dipake buat hiburan ama nyari duit ajelah, gak usah pusing2. Butuh duit gawe, butuh hiburan liat mim.

Diterbitkan oleh asepcashball

Mantan nett, calon pengusaha, seorang pecinta wanita yang doyan baca, nulis ma nyoba2 buat tulisan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: