New Project, WIP, Another New Project, Another WIP, Terus? Project baru lagi, WIP Baru lagi, Terus weh kitu, Ai project2 nu digawean, kapan beresnya Mang? Ampe bertahun2, baru sadar euy

Kalo proyekan personal gitu gue banyak, ada musik, konsumsisaya tea ning, ada abokep, ada autobiografi, ada asep zine, ada font yang gue garap, banyak draft yang kececer gue kumpulin, ada font yang dah 20 gue beresin, ada lamaran gawean lineart gue lamarin, kasih cv, portofolio, beres, ada loker vector pet, mau gue kerjain, masih milih2 object tracing. Terus masalahnya tuh, gue juga ngepost gambar2 yang seakan2 WIP, tapi bukan fixed product, atau kasarnya sketsalah anggap gitu.

Kerjaan asisten lineart, dah beres, gue anggap gak masuk, soalnya detil gue kurang bagus sih, tapi gak tau juga, tapi gue yakin sih masuk buat kerjaan gitu, gampang, bukan ngegampangin tapi gue sanggup apalagi pas ngulik2, makin hari2 makin bisa gue paham softwarenye, aplikasinya bisa gue pakelah buat ngelineart beberapa illustrasi gue.

Balik ke fixed product, barang yang dah beres, karya yang dah selesei, siap dipublikasiin, gue bermasalah banget ama fokus, ama ngedrill kerjaan, jadi kalo ngerjain kerjaan ampe beres gitu, gue teh bermasalah. Selain gue kadang kalo sketsa satu, eh malah sketsa yang baru, kalo dulu sih 1 weh, misalkan lagi buat illustrasi nih, kasih tema lagi ee, gue bisa mikirin 5w+1h, ada burung gereja lagi eek di atas pohon siang hari, sambil di bawahnya ada orang lagi makan eskrim, eeknya sedikitnya kena tuh eskrim, terus si orang yang makan ngeliatin tainye, darimane nih, lah dipohon ada burung yang lagi boker, bangke. Nah kan dah dapet premisnya buat illustrasinya, tinggal gambar.

Nah pas gambar teh, udah weh premis tadi dibuat ilustrasi, si burung gereja, pohon, eskrim, ada orang, ngeliat ke atas, terus dibuat weh. Sketsanye gitu, buat dulu strukturnye, dari garis2 tipis, buat anatomy burung, tinja, eskrim, ma orang, dan lain seterusnya, buat dulu sih di kertas burem, 1-3 kertas buat nge-visualin tadi itu. Terus weh beres.

Nah gue teh pas kuliah gak bisa gitu, gue buat premis itu, tiba2 gue kepikiran, eh gimana kalo kucing boker, gimana kalo orangnye juga boker, gimana kalo ada orang yang lagi mandi terus jatoh, pokoknya ada ide abstrak baru, terus si premis tadi kehilangan konteksnye, tema berak jadi absurd kesana-kemari, gak jelas, iya sih eek, tapi kan tadi dah milih premis, gitulah sinopsinye gue gak fokus tuh, kebanyakan ide, gak bisa milih 1 hal, buat difokusin atau dikerjain sebener2nya.

Satu tuh, masalah gue. Masalah selanjutnye.

Gue ngelakuin itu, disosial media, dimana orang2 ngeupload karya2 WIP, yang kadang 1 doang, terus ngeberesin itu ampe fix.

Nah gue enggak, gue kadang ngasih karya yang dah fix, terus gue redraw, atau redesign, kadang buat sekarang2 gue sendiri masih ngeredraw, redesign karya2 gue difb, dibuat ulang, ditambah2in, dikurang2in kalo dirasa gak pas.

Nah, itu masalah barunya, gue mesti ngeberesin kerjaan gue. Ngeberesin WIP, ngeberesin kerjaan gue. Makin banyaklah, yang mana kerja kreatif gue gak visual aja, gue juga nulis, abokep #1 itu karya gagal, belom selesei, gue sempet ngerjain, tapi gue keburu delusi, halu, jadi gue delete di 2016. Itu yang rada2 beres pas #2-11. Terus tiba2 ada #13, nah abokep #12nye mane? Ya gue delete juga kayanye, gue rada2 lupa, dah delusi sih, gue dikejar2 illuminatilah, dikejar setanlah, dikerja polisilah, dipenuhin paranoid gue masuk penjaralah, gara2 tulisan gue yang gue tau betul, siapa sih gue, sepeting itu negara nolak tulisan gue, gue bukan Pram juga kali, mana mungkin dipenjara gara2 UU ITE? Lah kalem weh, nulis2 weh, santuy.

Nah dengan rencana redraw, redesign, ya gue gue rewrote tulisan juga dong? Mesti ye? Mestilah, mana tulisan yang ke-1 itu belom beres, baru draft kasar, baru nyeritain dikit, sementara rilisan #2-11, itu rada mendingan tapi perlu dibuat sedikit sentuhan, kaya dialog, atau kelengkapan 5w+1h-nye kudu dibenerin lagi. Lagi emang sih itu tulisan kaga bisa gue jadiin portofolio buat lamar gawe, mana ada tulisan esek2 gue lamar buat ke publisher, entar jadinye Anny Arrow, entar malah keliatan tua gue.

Dari Tulisan tadi, gue sempet buat Autobiografi yang sebenernya itu juga, bisa di rewrote lagi, dirapihin lagi, ditambahin lagi, itu manfaatnye ape buat buat pembaca? Apa yang pembaca dapetin? Bukan data, ye! Tapi ada pesan apa kek gitu, dari kemalasan jadi sesuatu apalah gitu? Motivasi kek? Atau penyesalan yang sama2 dirasin pembaca? Terus desainer grafis siapa yang pengen gue jadiin role model buat gue ngelakuin hal yang sama, atau arahan yang gue ikutin. Terus ya tulis weh terus. Singkatnye gitulah.

Nah kan ketauan kan, kalo buat karya itu, pasti nagih, pengen buat lebih bagus, pengen ngerapihin, karya lama, makanya gue gak milih komersil, atau mainstream, soalnya emang sampah sih gue teh, tulisanlah, visuallah, mesti diberesin dulu, baru masuk industri, kalo mau. Sementara gue dah milih buat gak masuk ke profit, tapi lebih ke benefit, gak ada duit yang gue dapet dari karya tulis, sementara buat karya visual, ya gue pengen duit, soalnya gue pengen masuk industri, berarti mesti komersil, sementara buat tulisan abokep, perlu banyak sensor atau moral, norma, atau keagamaan yang perlu gue ubah buat itu masuk mainstream, sementara konsep awalnya aja Abokep itu dah pengen buat yang vulgar, segar, ama keliatan nakal, tapi malah keliatan kaya nerd yang penuh nafsu seks ama butuh cewe, keliatan kaya Nak Mahasiswa yang lagi belajar nulis, terus stress, buat deh tulisan panjang2, sementara di Autobiografi gue, keliatan gue itu banyak2 nyantumin hal2 yang gak penting banget buat dibahas, atau kemalasn yang kurang nyertain plotnye, ada alasan tegas atau karakter yang perlu dibahas dari tulisan itu, kurang keliatan malesnye, tau2 dah 6 tahun kedepan, pokoknya temponya kurang dimaenin, itulah pelajaran gue nulis teh.

Apalagi ye, visual, teks, ama mungkin lagu nih, oh iya lagu, di lagu, gue gak ada bass, breaks, sampling udah weh, simple banget kan? Ya belajar lagi atuh, buat lagi atuh, kembangin skill. Liat2 tutorial, pokonya kudu bisa, tapi da kalo gue seriusin lagi, ada masalah baru, itu jadi duit kaga? Ya kaga? Sementara masalah gue sekarang butuh duit! Butuh bayar utang, nah utang kerjaan gue, alias kerjaan personal gini teh, entaran aja sih, tapi gue kalo bt ngefont, gue suka kepikiran, duh anjing itu di fb sayang dah, font jelek, terus gambarnya kurang ini deh, pokoknya jiwa kurator gue keluar, pengen ngebuat ulang, terus gue dikondisi yang lagi istirahat ngefont, duh anjing ngefont bae, geus2 neangan gawe, biar dapet duitnye cepet, font tunda dulu. Duh anjing, belok deui aing teh, assiten lineart udah, buat ngelamar vector pet, gue belom ngerjain dah 10 hari, lilanya? Emang lama gue mah buat ngeeksekusi sesuatu teh, overthinking kalo baca2 IG mah. Kerjaanye mikir2 weh, cape, weh, sare.

Terus kapan dong pet vector? Terus Abokep light novel? Terus Autobiografi? Terus zine Asep? Terus Musik Konsumsisaya? Terus type foundry-nye gimana? MyFonts2 yeuh, uruskeun! Terus gimana bayar utang? Terus gue idup gimana kalo gak kerja? Terus gue kerjaannye pengen ngeremix2 karya2 gue, baik visual, teks, audio, kan? Kan? Repot ye? Repotlah jadi prolifik mah, masalahnya time management, stress management, proyek management, gue belom nguasain itu, gue bleom bisa ngejauhin bokep-coli-crot, sosial media, nulis2 di blog, nulis2 di wordpad, atau rebahan2, tidur2an, tidur sianglah, tidur cepetlah, jam 9 dah tidur malem, pokoknya kalo gue gini terus ya dah kaya pengalaman gue, karya medioker, skill berkembang sih, tapi lama, sementara waktu produktif itu cuman dipake liat2 nenen lebar Anri Okita, liat persemakmuran kontol diatas permusyawaratan meki, pokonya ngewe weh. Terus atuh pikiran gue teh disi anime Muse, atau Anoboy, situs2 anime bajakan atau anime legal, atauh ngapain, gue dah ngarti, hiburan okey, istirahat okey2, gue ngerti, gue ngerti Sep. Tapi iraha? Rek iraha? Iraha beresna?

Yang gak penting2 kayanya mau gue udahin, terus mau fokus, ke font aje, soal gawean asisten lineart, ya tunggu kabar mainye deh. Buat kerjaan pet vector gue nyerah. Sehari 3, terus 5 hari kerjain komik BL, mau kapan gue ngerjain font? Duit, ya duit pasti adalah dari 3 kerjaan tadi, terus balik lagi? Redraw, redesign, rewrote? Kapan? Nah itu tadi, penting banget kan fokus teh, gak usah yang rumit2 deh, kebanyakan referensi atau panduan gitu, malah belajar terus, kadang perlu ngerjain dengan penuh fokus, dibanding tau yang bener gimana, jadi cukup seadanya tapi diberesin, dibanding sempurna, bener, atau baik, tapi gak beres2, gara2 belajar2 tetrus dari panduan2 gitu? Lama atuh. Emang lama gue mah ngerjian2 apa2 juga, overthinking sih, tapi enggaklah, gue mah simple, receh, biasa2 aje, gue juga santuy.

Gini nih kalo, biasa ada deadline, ada persaingan kompetitif dari temen2 kuliah, temen2 fb buat karya, atau bloger2 nulis, terus gue ngilang, ngocok2 gitu, terus balik ke dunia nyata, gue baru nyesel, kamana wae atuh? Sadar atuh, gawe, gawe, gawe!

Okeh sob, gini aje masalah gue ma fokus, terus penyeleseian masalahnya adalah, gue kerjain semua, bakalan gue kerjaain, soalnya gue dah komitmen bikin karya itu. Gue mesti beresin atu2, dengan pengecualian, gue mesti kerja juga, gue mesti disupport duit, dari usaha gue, okeh jualan preloved gue lanjutin, buat font gue fokusin, tapi buat sekarang, ampe gue stabil ada pemasukan, ampe ada duitnye, baru perlahan2 gue ngerjain light novel, zine, tulisan dulu deh, gak perlu seribet buat musik, manga, anime, entar itu mah, tapi gue pengen ngerjain sendirian dulu, minimal ada dasarnye, ide besar, ama konsepnya gue pegang total gitu.

Nah sekarang buat font dulu, nyari duit dulu, entar2 ngerjian hobi nulis, musik, nganime, ngomik mah, ada waktunye, gak sekarang2, sekarang mah, fokus aje di font, gila lo tau kaga? Font tuh dari 2013, musik dari 2013, nulis dari 2011, anime, manga itu dari 2020, kan pada lama semua anjing, apalagi pilihan nyari cuan dari font itu dah gede banget loh semangetnya, kasian waktu guenye euy, wasting time pisan, terus giliran masuk MyFonts gue teh, malah baru live 1, ya tambahlah, tambah 20 font, dalam 1 family font.

Gampang anjing font mah, cuman curat2 coret, convert, terus beres, buat konsep, ama ngemarketingnye doang, tinggal satsetsatset lah buatnye juga. Gak usah pusing, gak usah overthingking, tinggal ngerjain, fokus, kalo bosen, baru, buat karya tulis, gue bikin draft, episode 1, anime, draft dulu, atau gak buat light novelnya benerin. Gampang ye? Ya gampanglah.

Manusia merencanakan, Tuhanlah yang menentukan.

Hahahaha, fuck me jesus.

Gila, ini sebel banget, tapi iya sih, banyak loh rencana2 gue yang gagal gara2 skill pas2an gue, atau kurang keterampilan ama kurang fokus gue, gue dah jelasin beberapa kerjaan komersil atau personal paragraf sebelomnya. Gila, suka banyak hal, punya rencana, punya karya yang diproses, dibuat simultan ama karya2 laen. Terus harus tunduk ama kerjaan gara2 baru nyesel dah buang2 waktu, bukannye jadi duit, malah nyesel, ini kurang, itu kurang ini, dan pengen2 diberesin satu2, tapi waktu ama tenaga pengen dikasih ke font doang, sementara font juga bosen, terus balik lagi liat karya2 yang ke anggurin, kan sayang juga ye? Ya iyalah! Masa karya butut, anggap aja besok gue mati, sekarang ya gue kerjain karya2 gue, tapi da gue kan butuh duit, butuh font buat jadi cuan, matakna urang milih font da eta nu bisa jadi duit, sedangkan kerjaan laen, gue mesti belajar lagi, atau butuh waktu lagi, mending waktu porsinye dikasih ke font weh semua, biar fontye jadi maskimal.

Nah gitu aja, kawan2 ol aing yang baca, mungkin lo juga bermasalah dengan project2 personal. Lo bisa tiru gue, kerja dulu yang bener, kalo lo bosen, lo bisa pindah ngerjain project personal lo. Mau itu jadi duit, atau kaga, yang penting lo bisa aktualisasiin diri lo ke dalam dunia lo. Bisa ngewujudin karya lo, dengan pertimbangan2, di industri kaya gimana, atau di indie kaya gimana, atau mungkin lo mau ngadergronz, ya buatlah jaringanye sendiri.

Dahlah, fix, gue ngefont, entar abokep, autobiografi, konsumsisaya, illustrasi, vector, bitmap, gue rilis, entar kalo gue bisa ngebagi waktu dengan bener.

Dah bossque, tenang akhirnya jiwa gue, setelah nulis ini. Semoga gue ketemu yang kaya Yui Hatano, tapi dengan standard gue, cantik, sipit, kulit putih, rambut coklat, harum, jago ngewe, bisa ngeblowjob dengan jago, bisa ngobel memek, bisa dirames2 teteknye, bisa dijilat2 mekinye, ama dia tuh berkarakter baik, ceplas-ceplos, jujur, bisa ngarahin gue, jago management proyek, jago bisnis, bisa ngaji, rajin solat, solehahlah, tapi pinter juga, mau pinter ngibul kek, pinter ngayal kek, pinter minejm duit kek, pokoknye pinter, tapi lebih bagus pinter secara pemikiran, padai berdiskusi, atau buat gue belajar hal yang baru, bisa ngobrol2 lama, atau ketawa2, tapi kalo halu gue buat dapetin cewe kaya gini gak kesampain, gue bakalan nemuin deh, entah itu nak SMA yang baru lulus, angkatan korona, atau mahasiswi yang baru widusa s2, atau emak2 yang juga pegawai kantoran, atau mungkin seorang pengusaha yang jago nyari duit diluar ijazah sekolahnye yang keanggurin.

Gue pengen banget punya cewe, yang bisa kaya gini deh.

Ya gitu ajeleh, font bersin, cari bini, terus bosen, kerjain project personal. Fix gue pasti bisa, aing yakin di 2022, gue bisa ngeberesin minimal 1 episode, atau draft 28 episode anime, atau 30-45 chapter manga, atau gue bisa buat dunia asepcashball jadi nyata, selamat datang tahun 2022, aing sok2an mau buat perubahaan di 2022, padahal yang rubah emang sih tahun, tapi gue pengen jadi diri gue yang terbaik setiap harinye. Gue the best of the best Asepcashball.

Yu solat maghrib dulu, gue mau minum obat riperidon 2mg setengah tablet, biar ODS tapi stabil dong mentalnya, gak terguncang atau halu/delu, tetep semangat bekerja, jangan bokep-coli-crot, atau buat2 new project mulu, kelarin font dulu. Okeh gaes segitu aje tulisan maha curhat dan selalu gak penting gak usah diomongin.

Semangat jadi dirimu yang terbaik dari sebelumnya.

Be yourself!

Diterbitkan oleh asepcashball

Mantan nett, calon pengusaha, seorang pecinta wanita yang doyan baca, nulis ma nyoba2 buat tulisan.

Tinggalkan komentar