Apa aja sih yang bisa bikin tambah pinter?

Seperti biasa, sebagai fans Ucok Homicide, juga nerd galau serbaguna, berguna buat dirisendiri dulu deh, baru serba ngerjain proyek2 personal gue. Gue rasa nyari2 “Herry Sutresna, Morgue Vanguard” di YouTube tuh dah kebiasaan gue buat belajar dari belaiu.

Tadi dapetlah soal neolib, wah gue dah lupa lagi soal isu ini, soal negara yang jadi kerjasama ama korporasi, korporasi yang pengen upah murah, tapi negara malah bikin undang2 bikin buruh harga murah. Atau bikin undang2 yang segelintir elit bisa nguasain hutan, buat produksi sawit, batubara, atau yang laen seterusnya.

Negara ama korporasi jadi bagian dari garda depan ekonomi, yang mana segala hal dicari sisi duitnye, semua aje profit, benefitnye juga diduitin. Semua diduitin aje. Gak ada yang laen soal selaen manusia itu dibuat jadi duit. Soal hak asasi manusia, HAM gitu, cuman jadi isu yang dipanas2in biar korporasi bisa dapet duit, biar semua dijual ama negara, terus yang dapet2 duit ya cuman orang2 elit dong. Yang banyak duit yang dapetin dari negara.

Berengsek kan, negara, korporasi. Tapi gue belom mahamin lebih lanjut sih, cuman garis besarnya gitu, mesti belajar lagi.

Ketemulah gue ama google soal ini,

8 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kamu Tambah Pintar

  1. Banyak membaca. Well, duh… …
  2. Memanfaatkan waktu online dengan bijak. …
  3. Tulis hal yang baru kamu pelajari. …
  4. Jelaskan hal yang kamu pelajari ke orang lain. …
  5. Membuat “done list” …
  6. Main games yang mengasah otak. …
  7. Berteman dengan orang pintar. …
  8. Mencoba hal baru.

Ya udah gue belajar mahamin diri gue sendiri deh. Kita belajar, belajar, belajar.

Banyak membaca, baca apa, kenapa mesti dibaca? Apa penting? Bacaan apa yang dibutuhin? Apa baca cuman pengen doang, tapi bukan kebutuhan?

Manfaatin waktu ol teh? Liat2 yang nambah info, atau pengetahuan baru, nambah2 ilmu soal font, nambah2 pengetahuan soal hobi, nambah2 info2 yang lagi in, soal politikkah, kebijakan pemerintah ama suatu hukum yang berlaku, ma yang laen seterusnya.

Tulis yang baru dipelajarin, tulis semua hal yang baru, baru ngerti kah? Baru bingung kah? Gara2 mikirin, kok bisaya ini teh gini, kok kenape gak gini aje? Soal2 yang kaya gitulah.

Jelasin yang dipelajarin tadi ke orang laen, jelasin, berarti dah jelas, ya lo dah jelas ngerti, lo dah jelas diotak lo ada ilmu yang lo pahamin, bisa ngerti suatu hal yang baru lo pelajaran, ya kalo lu belajar, ngerti, ya ceritain lagi, dengan tepat, jelas, singkat, ama sesuai, bukan penyederhanaan yang ngaburin hal yang sesungguhnya.

Membuat done list, ya kalo lo ngarti ini, berarti step selanjutnya lo pelajarin ini, jadi berkembang gitu yang dipelajarin teh, nambah terus ilmunye.

Main gim, yang ngasah otak? Sebagai orang kolot yang anti gim, gara2 ngabisin uang, ol terus, atau beli equipment bayar, atau ngeluarin duit buat beli dvd game, jelas terlalu bodoh, buat gue yang anti maen gim. Padahal bisa belajar banyak hal loh, gak semua hal sih, tergantung gamenya, game apa, terus misinya apa, tujuan si karakter yang kita maenin tuh ngapain, lagi ngapain kita teh, dimana kita ada dalam dunia, kenapa dunianya kaya gitu, pokoknya lo pikirin dah baek2, itu game, … Pasti ada pelajarannya, tapi, ya gim ya gim sih, buat hiburan sebenernya, biarin ada pelajarannya, ya tetep multi media interaktif sih itu mah.

Berteman dengan orang pintar. Ini gue lakuin ama role model sih, jadi gue belajar hiphop, ya cari orang yang lo suka, kalo gue suka Ucok nih, ya pelajarin ilmu2 rappingnye, atau pahamin isi tulisan di blog nye, beli bukunya, baca, artiin sendiri opini2nye soal hip hop yang dia suka, terpengaruh, atau jadi suka ya namanya juga ngefans, masa jadi gak suka, kecuali emang gak mudah kepengaruh sih.

Terus soal temen, temen2 gue dah pada gak tau jadi apaan dah, mending belajar ama temen baru, sih ya mesti kadang tanya2lah, kalo jawabannye singkat, ya coba lo gugling lagi, lo cari2 lagi pemahaman2 die, apa itu bener, koreksi, perbaiki, atau buat ilmu baru dari permasalahaan lo. Edan muluk2 pisan sih aing mun ngomong, kegedean boss.

Mencoba hal baru, buat ini gue dah pernah buat musik, asli seru, tapi perlu belajar2 software ama basic audio engeenering, kalo mau serius mah, tapi cukup dengan referensi ama selera musik ama mau ngulik2 mah pasti bisa buat musik hip hop. Lagian hiphop mah sampling, tinggal edit2 juga beres, masalahnye bisa gak ngeditnya enak, gak ngebosenin, gak terlalu monoton, gak terlalu kebaca loopnye, gak bikin bosen, gak bikin jadi muak. Kebaca gitu loopin-nye.

Yah gitu aje tulisan asal2an dari gue. Moga membantu.

Diterbitkan oleh asepcashball

Mantan nett, calon pengusaha, seorang pecinta wanita yang doyan baca, nulis ma nyoba2 buat tulisan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: