Selepas membaca tutup toko, bisnis, banyak hutang, ama kegagal2an

Mens Republic atau MR sebagai logo itu gagal, soalnya plagiat. Terus Yas sebagai pemilik perusahaan juga dah ngandelin hard selling buat marketing buat merek sepatunye.

Gak ada seni, cuman pengen jadi kaya doang. Iya sih utang ampe miliranan, terus produk yang digudang juga miliran, masih belom ada yang beli. Ampe kegagal2an, laen: ngurus diri sendiri, jadi gendut ama cuek paek fashion, padahal jelas2 kerja dibidang fashion, sebagai pemilik juga gak jelas ama Research ama Development.

Ama banyak2 masalah laen, soal usaha itu.

Gue malah jadi ngaca soal ini, gue yang ngerintis font dari 2013, baru diterima itu 2019, wah, 6 tahun, pas tau2 masuk tuh 2020, di 2020 masukin font 1, yang live itu gak ngehasilin duit, selain portofolio doang. Di 2021 masih ngerajin convert font di FontLab 7 dari sketsa digital di Ai, yang mana gue teh masih belom jadi apa2, kegagal gue juga diikutin dari semua file ilang, paling cuman font preview doang. Itu juga fontnya, buat personal used baru cocok, kalo buat commercial gak cocok.

Font commercial gue, gak lebih baik dari font2 di DaFont, yang free, gue rasa gue perlu sadarin diri. Etos kerja masih ngaco, coba liat, gue seharian gak bisa 8 jam kerja, pasti ada aja yang gue lakuin selaen gawe. Iya gue sadar gue gak bisa terus2an fokus, butuh istirahat, rebahan. Nulis, atau buat moodboard ama yang laen2. Gue rasa gak bisa kaya kuliah dulu, lagian kuliah dulu juga ada maen gim, nulis, atau fban, baca blog, artikerl atau baca2 buku, gak tok ngerjain tugas aje, jadi salah kalo gue fokusin ke font terus, mesti belajar2 juga mesti ngerjain yang laen. Tapi gue coba buat fokus nyari duit.

Buat ilustrasi kayanya bisa diduitin, gue buat tengkorak2, atau dark art yang keren, bisa dijadiin duit. Bisa juga buat moodboar font, ayolah Sep, coba creative, buat brief2 atau draft2 lah. Pokoknya produksi sesuatu karya yang bisa diduitin, pokoknya gue harus bisa dapet duit dari kerjaan gue, pasti bisa.

Dari pengalaman kuliah yang ngajarin tepat waktu, ama buat hal yang konseptual, gue ngebuat sesuatu diusahin berdasarkan permasalahan yang ada terus dibuat solusi visual, sekarang buat font juga gitu, gue buat family font dengan masalah kenapa gak ada font yang kaya comic sans tapi bisa family, bisa dipake 1 buku buat anak2 umur 5-8 taon. Kenapa gak semua font itu saling terhubung satu sama lain dalam satu family font, itu ide dasar gue buat font yang dah rampung sketsa digitalnya. 20 Font.

Buat ilustrasi, gue belom2 ngerapihin lagi WIP di FB, gue juga belom sempet ngeberesin font yang gue convert ke FontLab, gue belom bisa ngerampunginn itu, jadi gue fokus ke kerjaan gue, ngefont dulu, buat ilustrasi entar aje, ada yang lebih penting: buat font jadi duit, benerin ilustarsi paling ngebenerin timeline gue sebagai desain grafis doang.

Okeh, masalah gue ngefont itu adalah rasa bosen, ma lama buatnya, terus masalah laen kaya males, atau gak mood, belom lagi gue sibuk2 ngegarap toko online, pokoknya banyak alesan yang kadang maksa gue buat ngeles dari convert zone gue. Gue perlu berobah, gue perlu jadi orang baru.

Okeh gue terima segala kritikan dari manager proyek, kaya jangan lupa ngefont, dah kerjain dulu fontnya, dah beres ngerjainnye, atau kalimat2 keibuan kaya, udah tidur dulu, entar ada bisikan, atau dah minum obat? Atau bisa jadi emang Ibu gue tuh inget gue sakit, jadi emang perlu dibimbing biar gue gak sakit lagi.

Yah gitulah intinya, gue harus buat font, buat ilustrasi, nikmati kesibukan sambil sesekali rebahan, jualan barang preloved, sambil juga nikmatin kesibukan ini dengan tidur siang sebentar atau buat2 ngerjain font nanti beres bobo siang.

Kalo ada tulisan bagus kadang gue juga pengen nulis hal yang sama. Jadi tulisan ini mungkin sedikit asupan gue dari tulisan kegagalan gue, gue bahkan belom sukses. Cuman baru masuk MyFonts di 2020, gue juga seorang yang perlu lebih banyak usaha dibanding nulis2 curhat kaya gini. Okeh, gue perlu tekenin, gue perlu ngerjain proyek gue sungguh2, biar hasilnya bagus.

Dah itu aje deh.

Diterbitkan oleh asepcashball

Mantan nett, calon pengusaha, seorang pecinta wanita yang doyan baca, nulis ma nyoba2 buat tulisan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: