Font Handwritten

Okeh balik lagi soal font yang lagi gue garap nih. Bingung anjay! Asli! Beneran aing bingung banget, mau dikerjain kok berasa males, awalnya ya, tapi dah ditekenin kata proyek manager januari mesti upload. Kata proyek manajer ya gitu, soalnya dah 19 bulan juga, dah kelamaan juga gak upload2 font, dah seling setaun gak upload font di MyFonts. Masa tahun ini 2022 gak upload juga, kapan dapet duitnya atuh.

Okeh gitu aja sih masalah gue mah, masih ngerjain2 font, kemaren2 sempet ngerjain kalender, cepet, sehari kelar itu, itungan 2 jam dah beres ngebuat draft kalender 2022, dah buat layout juga, dah tambahin foto buat kalender custom, gue dah sebar di grup wa sodara Emak gue. Yang ngorder ada 4 Kakak emak gue yang ke-2, kakak ke-1 ngorder 2, kakak yang ke-3 ngorder 1, kakak yang ke-4 belom pasti ngoerder berapa, yang ke-5, belom dikabarin, jadi kalo pasti mah ada 4 + 2 + 1, kalender custom.

Terus ada 3 kaos anak2 buat ponakan gue. Gue asalnya konsep generik, anak yang lagi ngomong ke orang tuanya, sayang ama mereka. “I Love My Parents.”; “I Love My Mom, My Dad.” ; “Aku sayang Bunda, Sayang Ayah juga.” ; “Aku sayang kalian.”, terus konsep itu ditolak, dengan konsep yang kaya foto gitu, gue dikasih 3 foto, 1 foto buat 1 kaos, ditambah tulisan nama cucu uwak gue, nah keponakan gue nolak buat konsep itu, gara2 gak mau terkenal katanya, gak mau ada namanya di kaos. Jadi Gue dah capek2 buat handwriting 3 hari, terus ngecrop kepala, atau buat potongan kepala yang di-outline tebel. Eh ditolak.

Tau gak desainnya sekarang kaya apa, “Bisa gak fotonya kaya pas foto.” Bingung lah gue, mau cetak foto pas, atau pas foto mah atuh gak perlu konsep itu mah, tinggal masukin foto2 yang mau dicetak, terus gue import ke vendor online, terus cetak sesuai ukuran ama warna kaos yang diminta. Gampang bener dah. per kaos gue dapet untung sekitar 12-17rb, gue belom pasti, yang pasti 12k keatas sih. Rupiah, bukan dolar ya? Rupiahlah.

Nah buat Kalender sih, ukuran A3, bisa diisi foto, bebas fotonya, entar gue layout, bisa landscape, atau potrait. Tinggal diatur2 weh. Gampang. Gue ngasih harga 25k per kalender. Produksi sekitar 5-7k. Gue untung sekitar 15-18rb. Gue bisa dapet sekitar 180rb-lah. Mayan.

Gue pengen beli buku homicide vs. orde baru. Tapi anjing, mana gue dah bilang gak mau beli2 buku dulu, gue pengen beli hp dulu deh, cuman 55k doang sih tuh buku, tapi gue belom punya tabunga sama sekali buat beli hp 5G, hape gue juga gak punya, taun kemaren gue jual 25rb, gara2 rusak, terus ampe sekarang gue gak punya hp juga. Paling berdua aje gitu ampe hp 4G Emak gue.

Font belom beres, diseling kerjaan buat kalender custom, ama buat kaos anak2, terus gue sempet diminta buat company profile pas gue ketemu orang asing di Grha Atma, tempat gue kontrol bulanan. Gue ngobrol2 eh malah dapet orderan. Terus gue dipanggil dokter, terus komunikasi terputus euy, gue belom dipanggil lagi, wa juga gue gak dihubungi. Jadi gue nunggu juga sih, tapi kayanya entar gu bakalan koling juga dah, biar ngerjain company profile. Mayan kali 300-500rb kali. Tapi kalo 150rb juga gue ambil dah. Gampang cuman layout doang kok.

Nah gitu gaes diawal tahun gue dah ada proyek: 1. font yang dah 19 bulan. 2. Kalender 2022 yang custom foto, 3. Kaos anak2 custom made juga. 4. Mungkin, Company Profile, atau Proposal kerjaan. Gue sih gak milih2 kerjaan, lagian butuh duit, ama gue kadang suka bosen ngefont euy, makanya gue ngegame, nulis, baca2 artikel, atau nonton anime, podcast, atau apalah gitu yang gak ngebosenin. Makanya si Font lama beresnya ya gue gak ada target, jalan aja gitu, kaya aer, ngalir. Sambil buat font gue nulis2, sekarang tulisan soal Profersionalisme lagi dibuat spesifik, ke arah yang bisa gue lakuin sebagai freelancer type designer, freelancer graphic design, ama apa ya gue teh pengen desain komunikasi visual gue teh jadi duit.

Makanya gue upload2 kerjaan personal, yang mana kerjaan personal teh cuman buat proyek2 personal yang gak gue jual, cuman dipamerin aje di Fb pribadi, secara online gue dah nyebarain porto kalo gue bisa desain ilustrasi, dengan gaya gue yang masih 2D, gak digital painting banget sih, lebih ke drawing biasa, warna minim gradasi, ama lebih ke traditional artwork gitu, pensil ama kertas, cuman kalo yang coloring ya pake pentablet ama Ps atau CSP, tapi yang nanya baru 1x sih, itu juga gue ngasih harga murah, 500rb buat kerjaan 1 minggu, bisalah dipercepat jadi 6hari. Tapi nunggu waktu juga, kali gue ambil dah kalo cocok skill gue mah.

Nah buat font, sekarang gue lagi mikirin bentuk ama ngepas2in penempatannye, jadi kan berpatokan ke Comic Sans Ms Bold Italic buat font Bold italic gue, gue dapet banyak kesalah yang gue benerin, sebelom gue masuk spacing, yang mana sidebearing horizontal, vertical metric juga ngaruh, gue belom mau kesana dulu. Gue rapih2in, ama ngebanding2in ama Comic Sans dulu sih, buat penempatannya bener dulu, baru ke kerning.

Nah Sekarang itu aja sih masalah gue, masih masalah ekonomi, gak ada duit. Jualan ol juga lagi sepi, yang mana duit gue juga kebanyakan dipake jajan sih: beli bako, 7,5k, beli eskrim 4k, beli mie ramen instant 11,5k, beli bubur ayam 7k, duit abis buat jajan doang cuy, gue belom sempet nabung dah, jadi dah abis aja duit 50rb pemberian Abang gue, belom duit 20rb penjualan buku, gue pake beli2 Mie Ramen Instant, terus apalagi ye, beli buku tulis 3rb, beli gorangan 5k, pokoknya abis dah duit gue. Gue gak punya tabungan.

Gue paling gampang ngerencanain sesuatu, tapi gak komit buat dapet tujuannya. Jadi ya gitu, apa2 juga butuh komit sih, kerjaan butuh waktu, tenaga, uang, buat komit dapet duit dari kerjaan, butuh nyelesein kerjaannya, buat beli hp 5G, butuh duit, yang mana duit dari kerjaan atau jualan2, terus font sebagai ujung tombak gue dapetin duit, masih 19 bulan ini gue kerjain, wah salah sih kalo mau pro mah, orang aja 1 bulan dah kelar 1 font family, ah udahlah, gue terima ajalah idup gue yang gak profesional, gak ada duit, belom punya hp, sama akhir2 ini Emak gue bilang kalo gak kelar itu font family Januari ni, utang gue gak dilunasin.

Beh aing lieur dah, font jadi beban, hutang juga nambah beban, sedangkan kesibukan gue seharin didepan laptop doang, seharian di rumah, kadang gue kerja di garasi, ruang tengah, kadang di kamar yang gelap, soalnya gue ngehemat duit biar gak keluar listrik.

Ya gitu aje sih idup gue, mungkin bisa lebih baik, mungkin bisa lebih buruk, tapi kebaikan yang gue pupuk sekarang paling gue bangun pagi, solat lagi 5 waktu, ama minum obat aje sih, teratur, keteraturan, biar gue gak perlu mikir2 lagi soal apa2, ya tinggal kerjain aje sih, dah ada jadwalnya. Yang pasti cuan2, cuan! Gue butuh duit.

Duh ya Alllah hayang benghar ih, ameh bisa belanja2, bisa bayar hutang, berikan hambamu kemampuan atau kepantasan untuk bisa dapet duit cukup, buat itu semua. Biar Nyokap seneng gue dapet duit dari kerjaan gue, gue juga bisa mandiri, bisa punya apa2 gitu, biar bisa kaya orang dewasa pada umumnya.

Aamiin.

Diterbitkan oleh asepcashball

Mantan nett, calon pengusaha, seorang pecinta wanita yang doyan baca, nulis ma nyoba2 buat tulisan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: