Kerja, liburan, kerja lagi, rebahannya kapan?

Soal kerja gue lagi berusaha mempertahanin sistem yang ngedukung gue. Gue banyak2 ngobrol ama manager proyek gue, Ibu. Emak kandung gue. Beliau selaku orang yang lahir di tahun 60. Banyak hal yang bisa gue pelajarin dari sosok seorang yang gesit, jago masak, solehah, ama peragu ini.

Sebenernya gue ngobrol soal konsep2 gue soal masa kini, masa sekarang, soal konsep2 gue soal tujuan idup gue di jangka menengah, sampe soal masa depan, ampe akhirnya soalan surga. Gue ngomongin konsep gue, sekarang gue mau produksi2 font dulu, perbanyak jam kerja, ama perbanyak draft, nulis2 font juga sebagai bahan penelitian gue, recana mau gue buat tesis, mesti gue kaga ngerti2 amat bedanya S1/S2 apaan dalam karya tulis, tapi yang pasti ada laporan gitu, baru karya, gue bingung sih soal karya di S2, kan gue font ye, penelitiannya, tipografi ama periklanan, gue baru sampe dasar, iklan itu ada emosi, kalo gue taunya dulu sekedar benefit/profit semata sih. Jadi soal ini gue malah bikin sesuatu yang kekanak2an, tapi ngasih rasa anak2nya dapet gitu.

Nah soal produksi font, gue dah bikin draft2, dari geometric sans serif, mechanic sans serif, ampe slab serif juga, ada juga yang text type serif yang lagi gue buat draft-nya juga. Type specimen dah gue sediain, belom ampe pangram sih, belom lengkap juga tanda baca, aksen bahasa, ampe kelengkapan2 laen, tapi ya bisa dibilang dasar bangetlah ini teh. Soal font gue juga masih banyak belajar, lagian yang diajarin di kampus gue teh, cuman legibility, readibility, modular, sisanya font baru sebagai draft, itu juga belom ke konversi ke .otf, masih file vector gitu. Tapi udahlah gak bisa nyalahin pendidikan DKV, lagian Type Design juga keilmuan yang beda jurusannya, sekolah type design gak ada juga di Indo, semua sekarang mah bisa dipelajari sih, biar skill bahasa inggris minim, kan ada google translate, ada grammerly juga kalo mau bikin jurnal ilmiah pake bahasa english, tenang. Gue bakalan belajar banyak hal soal penulisan.

Nah itu aja sih gue buat sekarang mah, soal font, penelitian font, tesis soal tadi itu teh, ama produksi font, rencananya gue mau buat buku semacem cerita tapi ngejelasin font, gue bingung juga sih, buat konsep ini, apa mungkin gue cerita latar belakang dolo buat font, terus cerita manis2nya font, sementara gue sendiri belom nikmatin manis2nya, cuman berdasarkan cerita2 orang aje gitu, 6000 dolar, $ 30.000, yang earning kaya gini juga gak lepas dari produksi fon-nye, distribusinye, ama luck juga, ya ada sih marketingnye, atau hal terkait soal penjualan fon, itu banyak mempengaruhiin gue buat bikin font yang baik, bener, menjual. Gue sendiri malaha, belom pernah tuh dapet dolar, dari si font-nya sendiri, yang gue produksi bertahun2, anehnya gitu, padahal gue dah 9 tahun ada di proyek font teh, sementara gue baru sekitar 2 tahunan ada di marketplace, ya gue masuk MyFonts tuh 2020 sih, di 2021 fakum dolo, gak live font barunya, soalnya gue ngejar produksi font baru. Di 2021, belom rampung tuh 20 font teh, dalam 1 family-nye.

Nah soal tesis, penulisan, gue gak mau jadi tulisan yang serius2 amat, atau bergaya baku, gue gak mau kepatok ama gaya seserius itu, jadi gue milih nulis dengan gaya tulisan bahasa keserharian gitu. Tapi ya kalo gue masuk S2, kalo itu juga da duit sih, aamiin ada duitlah, aamiin, yakin ada duit deh. Aamiin. Gue bakalan nulis secara akademik sih, yang serius, baku. Sesuai penulisan ilmiah di kampus gue entar. Tapi gak tau juga sih, kampusnya di Bandung, atau mungkin luar, tapi bahasa English gue juga jelek, kayanya milih magister desain di Bandung sih, kalo gue mah.

Nah buat sekarang produksi, masih berlanjut nih, penulisan2 penelitian masih gue kerjain juga, gue nulis pagi2 dengan bulpen ama notebook A5, nulis2 weh gitu supataran font, macem2lah, hal2 yang ada hubunganya ama diri gue, font, periklanan, atau DKV, gue tulis weh, soal marketing, atau teknis, fudamental pokoknya gue tulis weh. Entar kalo dah beres, baru gue ketik, terus cari source di inet, terus gue buat tulisan ilmiah dari sono, meski dengan bahasa keseharian gue. Rencannya mau gue buat pdf, zine, terus gue publish di grup, buat berbagi hasil penelitian gue, buat2 outline2 mah gampang sih, tulisan outline2 ini teh masih gue kejar sih, ya soal penelitian gini kan mesti banyak nulis, mikir, baca, nulis lagi, mikir lagi, nulis lagi, gitu2 weh.

Nah, selanjutnya buat jangka menengah, gue mau beli smartphone, soalnya gue dari Mei, dah gak punya hp, ampir setaunan gue gak pegang hape sendiri, paling gue pake hp nyokap buat segala keperluan gue, sosmed, jualan ol, ngirim2 file kerjaan di percetakan, atau chat ama temen2 SMA/Kuliah dolo. Paling itu aje sih kepakenya, oh iya ama foto2 barang jualan, ngevideoin gue lagi ngebahas font. Tapi videonya gak gue upload, jelek hahahaha. Hp sekitar tahun ini insyallah dah harus punya, terus dah harus punya Macbook Pro juga, biar produksi makin nyaman, ama cepet, kaga lemot kaya sekarang. Terus ya beli2 buku referensi juga, terus apa ye, ya gitu paling, produksi2 font terus weh. Sama ningkatin pemahaman teknis, fudamental, soal font. Intinya gue belajar2 lagi ke forum2, gak cuman di lokal, mesti maen ke forum luar juga. Soalnya kan mereka, lebih kuat difudamental ama teknis, ya ada sih yang lokal, tapi lokal, pada satsetsatset doang, gak merhatiin teknis, teori, atau keilmuan typedesign-nya, cuman tukang font weh gitu, nyetok2 asal2an, atau sekedarnya, biar dapet cuan, nah gue gak mau kaya gitu, mesti ada dasar-nya, teori dasarnya, mesti ilmiah, mesti riset, gak paham, ya pelajarin. Pokoknya diresapi, dipahami, diamalkan.

Nah terus, buat jangka panjang teh, atau yang jauh kaya gini mah, paling gue mau buat tim, sama produksi yang lebih ke vector stocker, ama font production, jadi ngimbangin studio gue ke arah itu tadi, yang nyediain produk/aset digital di bidang desain grafis, saat ini niche yang gue pilih anak2 sih, yang mana gue teh sebenernya gak ngerti2 pisan soal anak2 teh, gue tuh orangnya teh gak kaya orang laen, yang mana orang laen teh kalo ada ponakan, atau anak kecil, nanya, namanya siapa? Dah sekolah? Dah makan belom? Dan laen2 itu ditanyain, gue gak kaya gitu, gue tipe yang cuek2 aje, jadi si anak juga sama ke gue cuek2 weh, paling salim doang pas ketemuan. Dah gitu. Nah sementara anak2 di Indo jelas bedalah sama anak2 US/UE-lah ya? Yang budayanya juga beda, tingkatan ekonominya, ama bahasanya beda, cara berfikir, atau mungkin gaya permainan yang mereka kuasai beda, jadi paling gue kurang ngerti2 nih soal anak2 yang jadi nichenya… Tapi…. Iya, tapi… Font sebenernya simple kok, sederhannya, gue cuman nulis2, yang keliatan anak2, atau lucu2an, atau keliatan kaya lagi belajar nulis, atau keliatan ini-itu teh, buat anak2, atau permainan visual, maksudnya karakter, atmosfir, atau pesan, kesan-nya itu teh buat anak2 gitu. Gampang, tinggal lengkapin ama illustrasi anak2 yang bisa diambil referensinya di inet, banyak bener dah. Aslina.

Belom lagi soal penelitan font, niche anak2, yang jauh2an di US/UE, kejauhan lah Bambang, tapi da kalo dipaksain ditulis di Indonesia buat tesis lokal, da bukan market gue euy, bukan mereka juga yang beli font2 gue, mana font gue teh, internasional, bukan masalah international ya, tapi maksud gue, yang punya daya beli font itu teh orang2 luar, soalnya emang dia yang doyan beli font, disini mah, taunya font teh gratis weh kitu, butuh, ya download, gratisan, pisan mikirna teh, mana ada yang bayar lisensi? … Ada sih, tapi gak semua mau bayar, kalo pun mau itu juga yang punya etika desain, yang mau bayar. Jadi ya gak semua orang indo mau bayar. Bukan masalah gak sanggup bayar aja, emang gak mau, atau gak tau kalo font teh bayar, soalnya gak baca aturan pakai font, gak baca lisensinya, pokoknya download2 weh, udah-unduh weh, pake, gratis. Salah atuh euy. Ngeedukasinya juga lama, gak diajirin juga disekolah soal lisensi teh.

Terus soal, tim, gue belom kebayang, soal Macbook Pro, gue ngincer yang baru, soal smartphone, gue juga ngincer yang baru, sisanya gue terus2in weh font ampe beres.

Gitu aja gaes, soal idup gue hari ini, gue dah kecebur ke kolam, mau milih kerjaan laen, juga kagok, gue dah di kolam renang font, gue mau ke kolam yang laen, ya gue belajar lagi, yang belajar ama cari duit itu teh beda, kudu yang dah ngerti, kerjaan tracing, pet vector, atau kerjaan yang bisa gue kerjaain, gak gue ambil sih, gue lebih milih font, terus soal bikin2 illustrasi yang OCnya gue bikin, banyak hal yang gak gue kerjain sih. Jadi buat upload karya ilustrasi yang mana modal gue dah ada pentab wacom one CTL-400, bisa dah ngurek2 ilustrasi, artwork, gambar, tapi gue lagi asik bikin font.

Terakhir tapi bukan paling akhir, gue pengen ke surga, gue pengen diterima iman islamnya. Gue pengan jadi ahli surga. Dah itu.

Nah sekarang terakhir, daripada banyak nulis, banyak neliti, sih gue lebih baik banyak ngulik font, beresin glyph, atau liat2 referensi, geometric typeface, biar font gue bisa beda, atau jadi font yang berkarakter, ama punya tempat di komersil, sekaligus gue bisa ngejalanin idealisme gue buat font yang super duper, baru, atau aktual, atau gak trend aja, tapi pionir, hahahaha, muluk2nya keluar dah. Tapi bener, buat font mah gampang, yang susah, tuh dah dapet berapa duit dari font.

Dah ah, dah panjang, gue kerja dolo. Bye2 ja matane, btw Erikacang imut banget di YouTube, gue suka deh ketawanya, I Luv U, Erikacang.

Diterbitkan oleh asepcashball

Mantan nett, calon pengusaha, seorang pecinta wanita yang doyan baca, nulis ma nyoba2 buat tulisan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: