Ramadhan hari ke-9

Gue bersyukur dah ngejalanin puasa dengan gak ngecrot. Biarin dikit2 ada weh gitu godaan, ama waktu ngebokep, nyoli, tapi gue gak ngecrot kok. Alhamdulillahnya gitu.

Ya lo sadar diri ajalah, semua dosa yang gue lakuin tadi teh, sebenerna teh naon nya? Lebih ke kebiasaan buruk, yang kalo digantiin kegiatannya, bisa jadi duit. Ya kali gue ganti bokep-coli-crot jadi duit, ah gue berenti bokep-coli-crot, gue sekarang sibuk kerja weh.

Eh eh eh, gini2 deh… Gue kan dah 33 nih tahun ini teh, entar sih tepatnya mah. Cuman kan umur segitu teh dah dewasa ya, seharusnya gue teh dah bisa ngefokusin ama apa aja sih habit yang pantes gue lakuin berulang, tanpa mesti ada rasa bosen, gantian, atau dituker hal laen.

Nah buat hal gini, gue rasa gue teh butuh sejarah dari yang gue lakuin. Gue dah pernah nulis ini. Cuman sekarang, mending buat fontlah, asli, dapet duit, biarin belom keliatan duitnya sekarang, tapi yakan itu teh lebih bermanfaat sekaligus bisa nyelesein masalah ekonomi yang gue dapetin. Bisa bayar kontrakan, bisa bikin nyokap seneng, bisa bikin saldo tabungan, bisa bikin saldo amal, soalnya katanya kerja teh ibadah juga.

Kan bagus ye? Baguslah, orang gue kerja, kerjanye juga sibuk-santai, rebahan, sambil nulis2 gini, mana tulisan gue teh kitulah, ya lo tau lah apalah yang gue tulis. Lebih ke tulisan2 kaya gini2 aje sih.

Tah kitu gaes, kerja gak serius, duit juga belom keliatan dari font. Eh tanggung jawab gue sebagai orang dewasa, bertambah, gue suka boong lagi, bilang ke proyek manager, dah sampe font ke-6, yang mana konversi sebenernya baru 1, itu pun belom kerning, hinting, jauh dari beres, dah 5 bulan mandeg. Kalo emang dosa ngebooing orang tua, ngeboongin diri sendiri, ya hasilnya ya gak tanggung jawab juga sih, malah buat2 draft2 font laen. Bosen iya, cuman pengelolaan bosan gue teh buruk, mesti gue robah euy. Bukan dosanya, targetnya keundur2 itu yang jadi masalah teh. Duintya juga keundur2 juga, rilisnya kapan? Jadi duitnya kapan?

Nah gini gaes kerja mandiri teh, semua sendiri, kalo pun ada Ibu sebagai proyek manager, lumayan ngebantu sih, cuman tetep yang ngegerakin kan gue sendiri, gue lah yang mesti beresin konversi font, ibu mana bisa buat fon? Ibu gak bisa buat fonlah. Diakan urusannya ngurusin proyek, sementara gue ya urusannya, ngelarin proyek. Sesederhana itulah sih, sebab-akibatnya.

Jadi, mau jujur, gue dah jujur kemaren, baru 1, itu 2 bulan yang lalu, kalo gue bilang progressnya masih 1, yang konversi font, yang ada dia makin berat, makin gak percaya ma gue. Dah mah emang gak dipercaya gue teh, ampe dia bilang, anak2 gak ada yang bisa diandelin, gue jangan santi aje, gue jangan buang umur di font, cari kerjaan selaen fon, atau cara dapatin duit buat bayar kontrakan, ama yang laen2.

Nah gitu gaes jadi orang dewasa teh, duit, kerja, komunikasi, ama kompetensi sih kudu beriringan, jadi jalan bareng2 eta teh, kalo salah satu gak nyambung kaya gue, ya idup gue bakalan dibilang pengaguran, tukang coli, coli komen, coli like, coli share, coli2an weh idup teh.

Caranya gimana biar gue bisa sesuain semua tadi.

Kerjain, cuman itu aje. Kerja yang total, berdedikasi ama soalan waktu yang dipake buat ngehasilin font, dah fon weh jeung fon, dah itu, diluar itu tinggalin dolo, ya bulan Ramadhan kaya gini gue makin sadar ma nafsu atau dosa2 apa aja yang gue lakuin.

Gak jum’atan dah 2 tahun, dah patah. Kemaren gue Jum’atan. Colay dah mau 9 hari gak ngecrot, bokep,nyoli masih, tapi seenggaknya gak ngecrotlah.

Buat kebanyakan bobo, ama aturan begadang, gue lagi nyari suasana baru buat kerja di bulan Ramadhan sih, enak loh puasa teh, banyak molornya hahahaha, sare weh tuluy, pala teu lieur2 deui, hahaha.

Maksain diri, dengan kuliah DKV ama ngeberesin tugas2, bikin gue tau kerja keras, dedikasi gak cukup kalo gak cerdas, ama jago ngebagi waktu, terlebih harus milih waktu2 apa aja yang mesti dikorbanin, mulai tv, koran, radio, yang ditinggalin, mulai nikmatin sosmed, YouTube, film2 holywood, atau hiburan laen. Malah sama aja sih, buang waktunya mah. Tapi kan gak mungkin juga ngerjain tugas terus, tapi da emang gitu, kalo gak seharian, atau semingguan gak gitu, ya idup abis weh ama sosmed, YouTube, Film Holywood, sementara tugas gak kekejar deadlinenya. Belom ngatur tidur, makan, mandi, makin aja berantakan. Nah itu yang gak jago bagi waktu teh, bakalan gitu2 wae, karya juga biasa aja, asalan2an malahan.

Sekarang no deadline, tidur enak, makan enak, nikmatin sosmed, anime, YouTube, ya sama aja kali. Makanya gue mau ngurangin semua itu teh, biar fon weh jeung fon.

Oke gaes, berubah, beradaptasi emang gak gampang, zona nyaman sebagai pekerja mandiri, emang nitik beratin ke kemampuan pribadi buat ngelola males, stress, bosen, ama pengen bobo, belom lagi banyak hal yang mesti dipelajarin, marketing, konten sosmed, buat portofolio yang bagus, atau gak belajar teknis, istilah atau type design, belom lagi belajar buat link ama cari peluang laen, tapi buat link ama peluang gue gak ngejar2 banget sih, soalnya emang konsep gue one man type foundry, yang man single fighter, solo karir, yang kudunya konsep bekerjasama atau partner-an sebenernya motong waktu pisan, tapi gak bgitu gaes, gue juga bukan siapa2, terus kalo koleb, orang juga liat kali portofolio gue, portofolio gue desain grafis, ama illustrasi, atau infografis, ada sih font, itu juga cuman 1 font live di MyFonts, dikit banget anjay.

Orang mana tertarik ama portofolio gue, tapi emang gak tau juga sih, ngaruh atau enggaknya orang tertarik kerjasama teh gimana, cuman ya buat sekarang gue tutup dulu pintu buat kerjasama, koleb2 soal font mah, soalnya gue mau belajar ngefon dolo, mau one man show ya gak apa2, asal bener, tau jalan yang baeknya gimana, cerdas pake waktunya, tau shortcut-nya, tau cara motong2 waktu, tau cara cepet bikin fon.

Gue sekarang mulai sadar, ya sedikit2nya gue sadar, 5 bulan ngapain euy? Buat draft. Kenapa gak fokus ngerjain konversi font sampe bener2 ke-6, malah nge-hoax dah sampe 6. Ya jadi gini dah, wip gak dilanjutin, malah buat wip lagi, terus buat wip baru dari wip yang laen, terus wip lagi dari yang tadi, gitu2 weh terus, wip2, wip2, tuluy weh kitu. Salah? Salahnya di no deadline itu, iye, maksud hati pengen buat karya maksimal, yang ada karya gak ada target beresnya kapan, gak ada kepastian rampunya kapan. Kapan live-nya.

Terus salah apalagi ye? Gue pindah2in lagu, banyak, ganti2 lagu, next2, atau cari2 lagu, dolo mah, kalo dah play, ya udah diem, jarang banget gue ganti2 lagu, sealbum, terus weh jalan terus, gak pindah2. Buang waktu tuh.

Buat tidur, gue banyak tidur. Buat makan gue banyak makan. Buat bokep-coli-crot, gue kebanyakan liburannya. Buat anime, YouTube, sosmed, gue kebanyakan ada didunia maya, ampe lupa kalo gue teh lagi didepan laptop, lagi ngerjain, eh, lagi kerja, bukan lagi liburan, gak jelas arah di inet. Kan sayang umur gaes, dipake buat apa2, inet, apa2 inet, alias nyari apa2 weh inet, sementara fon gak dikelarin.

Sayang atuh euy.

Dah ah, gitu aje gaes.

Mpe jumpa lagi, tetep buat2 konten, tetep bikin sesuatu hal, produksi sesuatu, jangan males2an aja, entar waktunya abis ama yang gak penting, sementara referensi gak ada batas, produksi kudu ada deadline, …

Dah bye.

Diterbitkan oleh asepcashball

Mantan nett, calon pengusaha, seorang pecinta wanita yang doyan baca, nulis ma nyoba2 buat tulisan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: