Ramadhan hari ke-13

Dibangunin Ibu, sekitar jam 11an, langsung bangun? Enggak… Gue nyalse dolo dah, ngumpulin nyawa, mata perih, pala sedikit pusing. Sekitaran 2-3 menitan gue bangun, langsung ke garasi ngambil anduk berwarna ungu. Baru itu mandi. Beres mandi, langsung ambil wuldu.

Hari ini gue mau solat Jum’at ke-2, setelah 2 tahun gue gak Jum’atan. Awalnya Covid-19. Terus lama2 males aja gitu solat teh, buat jum’atan males, akhirnya jum’atan lagi minggu kemaren di Mushola RSJ.

Gue sendiri ngerasa wajib sih, terlebih gue baca Qur’an, kudu solat. Terus puasa hari ini sih biasa2 aja, gue mulai ngefon, sambil dengerin lagu, terus nulis2 kaya gini, bosen lagu, ya dengerin ceramah soal Surga Firdaus, terus beres ceramah, dengerin musik2 lagi, gue lagi doyan Joey Valence, revival beastie boys euy.

Emmm, apa ya buat gue soal idup mah, emang bener sih, terlalu dikonsep entar gak jalan2, gak mulei. Terlalu mateng konsep juga entar bakalan robah juga da ada adaptasi, penyesuaian, improve, ada progress juga. Jadi soal kaya logo corporate, atau corporate identity yang ngajarin gue buat saklek di konsep ama bertahan di konsep yang dah itu, ya bakalan mempertahanin visual. Tapi ai font mah beda, iya sih ada aturan yang sama buat mempertahanin visual, atau konsep, biar orang tau atau tau samaan aja gitu si konsep logonya, alias si visual logonya teh. Bener, buat konsistensi visual, dalem logo. Cuman buat kerjaan gak gitu sih, buat gue gak bisa tuh mempertahanin konsistensi visualnya, terlebih, gue gak jualan butik, lebih ke super market yang nawarin font apa aja. Hahahaha, gue kayanya emang banyak konsep ya, dibanding buat fonnye, tapi izinin gue ngomong ye? Okeh?

Buat super market yang nawarin apaan aja, ada, segala ada gini, ya bagus sih. Kalo kuat, kalo mampu, kalo bisa, bukan berarti fon butik yang nawarin khusus sans serif, serif, atau sekumpulan font text ya gak boleh. Enggak, bukan, ini beda konsep aja gitu.

Kalo lo maen di text type, ya fokus2 sih boleh2 aja, cuman pelajaran dari gue sih ya awal2 mah buat suka2 dolo dah, belajar work flow, belajar weh dolo, entar mau di fokusin ke text type, atau, display type ya bebas2 aje sih, gak ada yang ngelarang. Pelajaran dari 2 type foundry yang gue tau gitu, awalnya tuh gak ada konsep jelas tuh, doi maen di vectorian, maen juga di display type laen, kaya dingbates juga, atau bahkan sampe ke buat fon2 era2 jadul. Sampe akhirnya berenti, gue sendiri gak, tau kenapa, yang pasti gue tau mah doi fokus ke text/display gitu, gak display aja. Mulai fokus ke fon family daripada font cabutan gitu. Dari sana gue sadar oh emang mest difokusin ye, terus ada satu contoh lagi, dari awalnya font yang display, vectorian, sign painting, lettering, dingbates, mulai fokus ke vectorian aja, dengan segala kelengkapannya dari vector illustration, ornamen, layout, ya sekitaran vectorian style, pokoknya keliatan vectorian weh. Nah beliau2 ini maen disini, jadi jelas kan sekarang, kalo konsep jelas ya enak tinggal maen2 disitu.

Konsep dah jelas, maenya disitu2 aja, awalnya dari type foundry yang bukan disitu, awalnya cuman sebates buat fon weh. Vectorian.otf, dah gitu weh, berkembang, di CreativeMarket, akunnye dikomen buyer buat jualan juga ornament yang ada, layout-nye, ya jualan lah. Jadi gitu, pasti berkembang dah, kata gue juga. Jadi kalo gue dah ada konsep visual, dah jelas mau maen di handwritten, ya dah fokus di situ2 weh. Kecuali mau buat supermarket buat apaan aja ada, ya jangan fokus satu hal, coba segalanya, di market luar ada tuh type foundry yang gitu, macem2, gak fokus satu hal. Tapi jadi2 duit aje dah, bahkan type foundry-nye dah jadi brand, dah merek pisan tuh.

Dah ngejual tuh brand-nye, dah kebayang kalo buatan type foundry ini teh, dah pasti bagus weh. Nah itu, yang ngaruh apa, yang ngaruh mereknya, nama type foundrynya, nama type foundry yang konsisten dipake terus2an, nah nama kan bagian dari corporate identity, identitas perusahaan, atau logolah orang2 bilang mah. Nah gue bakalan fokus di nama gue sih, brand gue, referensi gue dari yang dah ngebuat font, mereka ganti merek, ganti konsep, ganti identitas visual, ganti arahan yang mana, itu teh buang2 waktu kalo kata gue teh.

Iya nama penting, konsep penting, tapi lebih penting buat produksi fon lebih banyak lagi, buat2 terus, tanpa perduli brandnye, font bagus nih, font preview bagus, tapi kalo gak bermerek juga sayang juga sih buat gue teh. Sayang iya, tapi ngapain milih citra dibanding kerja nyata, ngapain milih visual dibanding buat produk, kan produk yang keluar doloan, kan?

Orang emang liat merek, tapi kalo produknya cuman dikit, orang juga ragu ama mereknya, ada yang sampe ngehapus produk2nya, gara2 ganti konsep, ganti visual identitas, identitas visualnya ganti, ngapain? Mau jual citra? Mau jual brand? Yeh, udah lanjut aja, biarin, jelek atau ada progress, nama brand mah tetep weh, yang penting produk ada di marketplace, terus bisa jualan terus, kalo gue sih mikirnya gitu. Daripada capek2 mau bersih2 jejak digital, capek. Ngapain.

Gue sendiri dolo pernah ngehapus konten fb, dimana gue hapus semua masa lalu gue disana, dari 2009-2014, hilang aja gitu, terus 2013-2014 gue gak posting sesuatu, selama 1 tahun gue hiatus, tanpa aktivitas apa pun, selaen stalking2 sosmed. Diakhir 2014 gue rubah akun Fb gue jadi akun seller preloved, gue mulai jualan. Gue fokus posting2 jualan, posting2 produk, terus apa yang gue dapet? Iya gue laku jualan, ada aja yang beli, tapi jualan di sosmed gak gitu caranya, buat brand ya? Ya buat brand mah engagement sih, komunikasi ke follower, ketemen2, ke orang2 yang ngikutin gue, nah ini teh kalo lo gak punya waktu, ama passion disono, ya akun seller ini bakalan jadi akun yang gak jelas, soalnya di Fb orang teh enggan buat nge-approve seller, soalnya suka tag2 gak jelas, terus jualan aja, seakan2 nawarin produk tapi maksa.

Nah ini teh gak gitu, follower, temen2 di friendlist teh bukan buat jualan aja. Okeh iya bisa dipake buat jualan kalo friendlist nya tukang beli, buyer2 gitu, tapi buat itu, lo butuh konten2 non jualan, butuh promosi iya, bener butuh jualan, tapi ngenalin produk jualan gak gitu aja, bisa lo tawarin juga soal yang berhubungan dengan produk lo, yang lebih ke manfaat didapet dari temenan di Fb, temenan ama seller ini enak, suka berbagi soal kaset pita, cara ngelola label rekaman, atau apalah dah itu share, pokoknya berbagi weh, yang benefit gitu, nah buat ngeruk profit, ya lo jualan deh produk, gitu.

Sederhananya, dah kaya marketing produk. Pengenalan produk, mempertahanin brand, ngejelasin produk, ya gitu2 weh.

Nah ini yang gue dapet dari jualan di Fb, bareng temen2 jualan online gue, yang buku, ama kaset. GItu aje.

Nah sayang banget kalo fon yang dah dibuat, didistribusiin di marketplace, biarin kaga ada yang beli, tapi kan pasti ada ajelah yang beli mah, ditarik dari marketplace, di-takedown, terus rebranding, buat fokus ke yang laen. Emang sih gue gak tau, gue sekedar analisis tanpa wawancara, sekedar observasi aje.

Sekarang type foundry itu berobah nama, ganti konsep, jadi font family, jualan display type/text type, tapi ada firma atau studio desain grafis, yang lebih ke project2 dari klien, dibanding jadi stocker, font dan aset desain gituan.

Nah ternyata Foundernya, lebih milih jadi 2 usaha, satu berbasis project, 1 berbasis produk.

Hahahaha, aing tau ini, kebetulan tau itu juga, ya dari cari2 ama temenan ama anak2 stocker, anak2 desain grafis sih, dolo kalo temenan ama seller mah paling minta logo, itu juga kontes logo gue produksi banyak, tapi gak menang2, malah gue dikacangin, eh tau2nya folder galeri logo dihapus, terus kontesnya gak berjalan lagi. Terus lo ngadain kontes logo tanpa deadline teh maksudnya apaan? Gue kaga ngarti dah.

Nah gitu gaes, gue juga belajar dari sini, kalo gak ada deadline teh suka bikin, males seleseiin, atau bikin fix-nye kapan. Ya udah buat weh terus, progress-regress, gitu2 weh terus. Gak jelas.

Nah balik lagi ke konsep, ama pilihan maennya, gue sendiri ngambil konsep super market, serba ada, serba bisa, yang mana kedepannya gue juga gak mau di fon aja, mesti berkembang, mesti ngajak partner, ngajak temen kerja, pokoknya jangan sendirian, biar bisa kemana aja, biar bisa lebih berkembang lagi, konsep gue kerja sendiri sebenernya lebih ke gue belajar sistem, atau tau apa yang bisa gue lakuin sendirian dengan pekerjaan gue, self employee.

Nah kalo gue dah ngerti, kalo gue dah tau, ya kudu pertahanin, kalo bisa terus ditingkatin lagi, gitu aje sih teori buat perusahaan yang gue bangun sekarang mah. Jadi gak ada deh itu gitu2 mulu, yang ada kudu robah2, kudu adaptasi, tapi ya iya sih yang work, terus dipake, yang gak kepake ya buang, atau coba campur2 weh gitu.

Hemmm, gue pengen ngomong lagi euy, tapi apaan ya?

Soal adaptasi udah, konsep udah, pemilihan jasanya udah, produk/service, udah, sama mungkin gue sih mikirinnya ya, lebih enak tuh buat SOP, buat sistemnye, entar orang tinggal ikutin sistemnye, nah makanya sekarang gue bener2in dah sendirian kerjain nye. Biar dapetin duit. Entar kalo gue dah paham ma tau cara yang gue nyaman, baru deh gue gas, bikin tim.

Konsep2, konsep, ke konsep, ngefon jarang, padahal butuh duit, ngerjain santuy2 weh, gak produktif, tapi lebih nyaman ngumpulin data, atau dengerin ceramah, atau hiburan, vlog, idup gue kasian amat ya? Orang dah pada keluar rumah, dah amanlah, … Eh gue kaya yang masih PSBB, tapi da aing anak rumahan, cuman ya gitulah, nak OL weh, online2an…

Sekarang gue syukurin aja dah, proses gue berkembang, proses gue berkembang pelan2, santuy, tapi ada perkembangan, tapi daripada gak pasti, dolo sempet pengen 8 jam sehari, sekarang paling 1-2 jam, tapi kerjain tipa hari.

Ya dah, konsep2 ke konsep ya gitu gaes. Dah bentar lagi mau buka. Yu ngelinting bako dolo dah, biar tinggal sunut, ngudud ngebul.

Dadah, yu!

Diterbitkan oleh asepcashball

Mantan nett, calon pengusaha, seorang pecinta wanita yang doyan baca, nulis ma nyoba2 buat tulisan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: