Ya gitu deh, sosmedan, chatingan di wa, ama nulis2, font malah keanggurin

Gue freetalk lagi ye, maaf buat edit2 atau milih2 tulisan yang bagus, entar dolo deh. Penyakit gue selaen nulis jelek berkelanjutan, ama rekor buruk di pendapatan bulanan. Wah beneran dah, duit gue tipis coy.

Soal pekerjaan, ama cinta, skip dolo, gue dah selalu berdoa, meski jalan gue selalu sosmed lagi, sosmed lagi, gak ketemu cewe atau orang 3D, ya gitu deh. Dah gue gak mau bahas pekob2an dolo. Skip dah. Tenang kerjaan dikerjain kok.

Gini gaes, sekarang gue lagi nikmatin buat moodboard, ama ngejalanin proyek laen. Kaya mulai bikin postingan2 fb, yang mana throwback2an, alias 10 tahun mundur kebelakang. Sebenernya dah banyak banget yang buat kaya gini, cuman gue mulai lagi weh. Buat ngebalikin memori gue, yang giat2nya produksi portofolio, atau berkarya.

Gue pengan banyak share di FB, IG, T, TT, YT, atau sosmed2an gitu, cuman duh euy. Masa gue mesti jualin abokep yang mana itu draft, mentah juga, gue dah ngoper ketemen katanya ya gitulah, gak tega aing ngomong tulisan buruk gue itu kaya apa, gitulah, jelek weh. Nah itu kan mau gue revisi, kok, rasanya males euy, rasanya pengen baca2 berita soal masturbasi, kok gue males juga. Dah gue baca2 soal2 itu di detik, gue baca2 judul, pindah2 page, halaman ke halaman gue pilih, baca2 judul, kok males gini nyari bahan atau ide buat nulis abokep. Males juga kayanya gue masukin ke daftar pekerjaan atau daftar waktu iseng gue.

Gue suka vituber, gue suka vlog, gue suka konten2 kaya gitu, tapi lama2, gue kok kaya cuman pengen tau dia tuh produksi konten apa, gimana buatnya, apa yang disampein, gimana cara mereka ngebawain diri atau personanya ke subscriber, atau gimana ngejalanin live stream. Dah gitu doang. Sampe sini akhirnya paling gue liat2 clip2 soal vituber. Dah gitu. Gak penting.

Gue rasa waktu yang berharga gue emang gue investasiin cuman buat ngehibur diri, ngerasa nikmatin idup, padahal idup gue teh butuh duit, butuh buat produksi duit weh. Emang gue gak berpenghasilan tetep sih, terus emang jomblo, terus dirumah cuman berdua doang ama nyokap. Terus gue kerjaan font belom rampung2, mau ngerjain abokep, zine gue lanjutin, males, lagi males2nye, padahal bangun pagi kok, ngopi sachetan, ngebako tingwe. Gue dah jalanin idup weh gitu.

Em, jadi gue teh apa ya. Pemales. Gue pemales menahun.

Gue butuh schedule, gue buat daftar kerjaan, buat daftar jadwal harian, gue dah buat senen-minggu, pokoknya apa yang mau gue kejar gue buat weh gitu. Pokoknya ya ada yang disibukin gitu, rajin weh buat perencanaan, tapi selalu kepotong lagi males, lagi gak mood, atau sibuk sosmed, atau buang2 waktu, yang mana, seperti gue bilang ~gue butuh duit~ jadi kumaha iyeu teh? Rek gawe moal sih? Aing teh kumaha sih?

Tulisan gue, belom sempet gue revisi, abokep masih draft yang belom gue perbaiki secara penulisan atau outline-lah, dasarnya gitu, gue gak fokus, gue juga kurang berusaha keras, gak maksain weh gitu.

Gue selalu ngeluh! Gue gak solutif, gue selalu berharap, gue selalu berdoa, sementara orang2 baek yang ngajak ngobrol gue selalu gue tepis masukannya, kadang ya emang gak perlu dengerin orang, tapi da kudu tau pendapat orang laen juga sih kata gue. Gak mungkin satu pendapat, atau gak mungkin pendapat gue bener teros, kumahanya maksudnya, selalu ada ruang dialog gitu. Jadi orang ngomong mah, dengerin weh.

Nah… Permasalah gue apa?

  1. Font belom rampung, diistirahatin.
  2. Jualan belom update stock lagi.
  3. Abokep mau dilanjut, tapi gue malah males2an lagi.
  4. Kerjaan laen, kaya buat status, sosmedan, upload2 karya lama, gue post. Sepi engagement.
  5. Gue belom buat lagu2 lagi, buat ngejalanin Konsumsisaya, si KS teh belom lanjut euy. Males.
  6. Olahraga, dah lama juga gue gak jalan-jalan-sore, atau sekedar jalan2 gitu. Males juga.
  7. Penelitian sok2an, ala S2 belom gue lanjutin lagi. Kadang lupa ama nulis light novel gue.
  8. Ibadah gue juga masih belom lengkap, kadang males solat, terus ngaji gue lumayan rutin sih, dapet insight sih dari terjemahanannya.

Ya gitu gaes. Gue kayanya kebanyakan nulis di sosmed, atau ngerjain yang kaga penting2, hepi sih gue ngejalanin abokep, sempet gue tulis kaya kata pengantarnya. Terus belom gue edit, revisi, belom proofing juga. Males juga.

Duh, pengen punya IP, tapi belajar buat merek, produk, aja kaya kurang semangat, padahal gue bisa sih buat gituan, ya emang perlu duit juga sih buat ngedaftarinnye ke HAKI, atau apalah gitu yang bayar2 ke pemerintah. Ya jualain2 weh barang2, entar duitnya buat IP, tapi da IP-nya juga open source, sok kumaha tah? Rieut pan? … Gratis tapi ada pemiliknya. Ya buat dilindungi pemerintah. Tapi dasar awal gue buat abokep ya ramah pisan, open source, tapi kayanya gak ada juga yang ngontak gue buat kerja sama buat proyek ini. Lagian emang kaga ada duitnye, terus emang gak menarik kayanya buat tulisan bokcolcrot, atau berenti bokep, atau soal aktivitas seks individu kaya gini. Gak tau dah, pokoknya abokep, gratis selamanya.

Terus mau ngomong apa ya? Emm, gini gaes, kadang bener banget kata temen FB, kudu bisa jaga ritme, rem, gas, gaspol, rem, gas, gaspol, gitu2, terus jangan FOMO, jangan juga ngejar duit, terus jangan jadi kaya yang gak jelas. SIngkat2 aja, okeh gue bahas, gue lagi maenin ritme kerja gue, gue lagi ngejalanin renjana gue: abokep, konsumsisaya, terus gue lagi ngatur ritmenya biar gak bentrok ama fon gue, terus buat FOMO, gue juga dah gak seaktif dulu bersosmed sebenernya, banyak sr aja, silent reader gitu, soal jangan ngejar duit, ya gue enjoy sih ngefont, ya ngejar duit sih sebenernya, tapi, ya dijalanin weh. Kata temen fb gue, segala yang pengen duit instant, bisanya gak kesampean, terus ditinggalin aja gitu, kerjaannya teh.

Gue sayang banget ama nyokap, abang gue, idup gue ditanggung ama mereka, gue belom mandiri, gue juga kekanak2an, terus apalagi ye, soal bokcolcrot, skip sih, gak penting, terus apa ya gue mau bilang teh… euhhh gini gaes, kalo gue cinta font, gue nikah aja ama font, punya anak font2 juga, gitu kata orang teh, duh… Gak usah mikirn Ibu, Abang, pikirin weh font, terus weh eta, dalem poin ini, omongan ini teh ngebekas pisan di otak gue euy. Gue kepikiran terus soal ini teh. Berhari2? Enggak kayanya dah ampir sebulan. Banyak omongan yang laen gitu juga, gue kepikiran terus, kok bisa ya omongan orang yang secara psikologis ngedukung gue, tapi kaya ngasih penjelasan lo jalanin weh, tapi asa gak masuk gitu di logika teh. Maksudnya, asa salah gue teh, dah ngejalanin ini teh euy. Asa terjal pisan rek ngadaki teh?

Emang sih font belom ngehasilin, masih proses produksi, terus emang kadang gue ngerjain yang laen2 juga, ama mungkin jadi lama, gara2 gue ngerjainnya gak ada deadline sih.

Nah ya gak gitu juga sih, maksudnya, masa gue gak mikirin keluarga, gak mikirin nikah, malah asoy bokcolcrot, atau ngerjain hobi, atau hiburan, ya enggaklah. Gue ngeles weh, iyeu mah.

Gue apa ya? Gue gak komitmen, eta hungkul.

Geuslah, komitmen kudu dicatet euy.

Gue nerima kelemahan, kelebihan gue, meski jangan ngerasa sok artist atau pro, jangan pernah ngerasa diri lebih dari orang laen, terus ngerendahin mereka, ya bukan gimana2, jangan sombong weh. Maksud gue gue kadang suka gitu sih, sok sombong, sok asa agul kitu. Tapi skill gue juga gak terakreditasi ‘artist’, bahkan gue sadar gue teh gak ‘pro’. Jadi apa yang mau disombongin ama gue sih, cupu gini banyak omong. Tapi da kalo gak ngomong, entar gue gak bisa curhat lagi, bingung?

Jadi buat font, dinikmatin weh, meski ngebosenin, … Mau ngerjain yang laen2, inget fon juga belom diselesein, belom dikerjain, mesti dikerjain tiap hari, biar cepet beres. Soal laen, kayanya gitu. Apa ye? Gue teh kadang suka ama hal2 yang gak penting yang gak ngaruh ke nambahin isi saldo rekening, atau hal2 remeh temeh yang duitnya itu kaga ada, gak bisa diduitin, gak bisa dikerjain, jadi duit gitu? Gitu…

Ya alhamdulillah, gue dah punya ijazah, dah punya kerjaan tetap, tapi duit atau penghasilan gue emang belom bisa buat jaminan idup. Gak usah jaminan iduplah, buat idup sebulan weh, cukup gak sih 100-300rb? Apa iya gue mesti minta bako, quota ke nyokap, minta makan, atau ngeberatin dia. Sekarang gue sadar, font yang dulu gue kejar dari 2013, di 2022 malah kaya ngasih tau gue kalo, heh Asep, lo teh mau jadi type designer enggak? Mau serius disini kaga sih? Kok gak bener2 komitmen buat ngerjain fon sih? Malah new project2 mulu? Apa gak pengen beli laptop? Tablet? Atau motor? Katanya lo teh mau maen sama temen2 lo, buat hiburan dari kerjaan? Katanya lo teh mau bisa idup dari fon? Tapi kenapa lo gak ngehidupin fon? (Gak ngerjain?)… Dah… Gue kaya digituin weh? Ya, gitu weh.

Sekarang, atau nanti, atau kapan gue mau berenti nulis.

Diterbitkan oleh asepcashball

Mantan nett, calon pengusaha, seorang pecinta wanita yang doyan baca, nulis ma nyoba2 buat tulisan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: