Asep Zine 1.4

KERJA: KENAPA GUE HARUS KERJA CARI DUIT. KENAPA JUGA ISLAM NGEDUKUNG ORANG YANG KERJA.

Katanya kerja itu kewajiban semua orang biar dapet duit terus ngelajutin idup. Mau kerja di rumah, di kantor sama aja. Kerja-kerja juga, duit-duit juga yang di dapetnya. Itu kenapa gue sekarang jarang nongkrong, gak ngobrol lagi sama temen. Sori sekarang gue temenan sama duit. Pret.

Gue ngerjain desain grafis, terus bisnis, terus bingung, lanjut linglung-lajut galau. Wek, repot. Kasian gini euy, tapi daripada ngemislah kerjanya gampang pisan. Duduk nongkrong, duit dapet dari jualan kasian. Duh kasian. Mending dapet duit dolar dari kerja desain grafis di internet.

Gue setuju sama TV, kalo ngemis itu pilihan kerja. Tapi gue gak mau kerja kaya gitu. Duit emang penting, alesan itu juga yang ngebuat gue pengen kerja. Kalo nganggur juga enak sih, bebas, gak ada beban, tapi ngasilin duit gak? enggak. Berarti gue gak bisa idup. Gue gak salah jurusan kok, kuliah juga gak sukses-sukses amat. Jadi emang gue nikmatin belajar. Kalo kerja jelas beda ya sama kuliah. Kuliah dapet nilei, kerja dapet duit. Kuliah gue bayar, kerja gue di bayar.

Sekarang-sekarang gue rasa gue udah kenyang nganggur nikmatin molor, haha hihi sama males-malesan.

Okey gue pilih kerja, daripada gue kekenyangan lagi. Bisa muntah lama-lama kalo gitu. Kan bisa tuh siang di pake kerja, malem di pake molor. Kan idup di dunia banyak yang bisa di paket tuh, pake aja secukupnya. Yang penting duit. Kerja apa juga lakuin aja, santei. Terima aja enaknya, terima juga gak enaknya. Emang udah nyatu persis kaya siang sama malem. Udah sepaket. Siang kerja, malem molor.

Gak tau kenapa ya? Nyembah Tuhan itu bikin gue nyaman. Tenang aja bawaannya, kalo kerja emang capek sih. Tapi da butuh duit, jadi weh kudu ngatur biar gak capek gimana? gue mulei tidur teratur, nyisain banyak waktu buat kerja di banding molor. Ya jago-jago aja bagi waktunya. Gue nikmatin itu.

Kalo gue kerja sih gampang aja, susah-susah dikit mah di buat gampang weh. Nikmatin aja duitnya buat beli roti sama susu yang gue makan, Tuhan juga udah ngebatesin kapan mati terus di idupin lagi kan.

Biar tau nih, kalo lo mati udah aja selesei semua, nih kalo lo idup, lo harus nyelesein semua. Ya gue cuman bisa ngejelasin nyelesein semua, gue belom selesei idup. Gue belom mati. Cuman jadi pengalaman yang bisa di rasain. Gak bisa di tulis. Misteri.

Duit. Mau itu kecil kek, gak gede, gak ngehasilin banyak atau apalah. Yang dibilang gak di seriusinlah, eh inget loh justru yang kecil sama remeh ini yang ngeidupin roti sama susu yang gue beli. Gue emang gak jago ngemotivasi diri, gue juga sadar gak rajin, apalagi jujur, gue cuman nyoba ngejalin idup aja.

Kenapa idup gak geratis ya? Kemaren gue liat anak kecil lagi diem-diem masuk kebon di depan rumah. Dia cewe imut yang sering gue liat. Biasalah, anak-anak, berisik, ganggu, sampe gampang mewek. Itu semua yang gak buat gue deket sama anak-anak.

Tapi pas kemaren dia nyoba nyolong buah sirsak di depan rumah. Gue liat jelas di berani naggung resiko kena marah. Tapi gue gak marah, gue cuman liatin aja di dalem jendela. Nonton.

Dia nyolong sendirian, temen-temennya sama kaya gue. Nonton. Dia muterin buah itu buat ngambil. Gak pelan, cepet-cepet muternya, gak tau takut kena marah gue kali. Gak tau ya. Gue liat dia bisa ngambil cuman itungan detik. satu, dua, tiga, empat, lima. Beres, buah itu pindah ke tangan kecilnya.

Temen-temennya senyum. Dia juga mulai ngeluarin gaya kaya menang hadiah dari Mamanya. Teriak dikit tapi sadar kalo itu bakal ngebuat tanda kalo di lagi nyolong. Jadi secepet itu juga dia tutup mulut.

Kenapa gue diem aja? gak marah, kenapa gue gak minta duit ke itu bocah? Kenapa gue cuman doyan nonton? soal itu gue anggep aja bagi hasil, gratis. Gak usah pake duitlah. Gue seneng itu bocah mau makan, kalo pun jatoh terus busuk di tanah terus jadi dimakan semut kan udah ada gantinya yang nikmatin itu buah. Jadi gak sia-sia juga loh. Ada yang nikmatin buah sirsak selain keluarga gue.

Gue jadi inget orang bilang, kalo kerja juga ibadah, sampe bisa di bilang jihad loh. Gue gak tau juga gimana? gue gak ngerti itung-itungan yang beginian sih, biar Tuhan ajalah yang ngitung bukan gue yang ngitung.

Gue udah kenyang sama nganggur, makan, molor, males-malesan. Gue kenyang sama buah sirsak yang gue makan, sekarang di colong pula sama bocah. Gue pengen muntah pas gue makan roti sama susu lagi. Udah kebanyakan udah cukup. Gue gak mau kekenyangan lagi. Gue pengen cukup aja, bukan kebanyakan, biarinlah duitnya dikit juga. Di cukup-cukupin ajalah, yang penting bisa idup.

Diterbitkan oleh asepcashball

Mantan nett, calon pengusaha, seorang pecinta wanita yang doyan baca, nulis ma nyoba2 buat tulisan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: