Ramadhan hari ke-15

Banyak tidur, lagi2 banyak tidur. Kebanyakan tidur bikin males weh, males ngapa2in, kadang gue inget target gue, buat baca Al-Qur’an 20 halaman sehari, sekarang baru beres baca 7 halaman, itu juga artinya doang. Yang mana gue juga belom baca Arob-nya euy.

Sekarang gue abis bako, sempet beli, eh tutup warungnye. Ya udah beli rokok super 3 batang, goceng doang, sekarang gue dah abis 2. Jam 2 subuh, gue bangun buat solat isya, kecing gue bau banget lagi, pas sebelomnya ke wc. Terus wudu.

Sekarang gue nulis ini biar gue ngerti. Lagi2 puasa gue gak ada nilainya kalo gue cuman asal ngejalanin, gue mau sok2an bilang, semoga puasanya diperberat, biar amalan gue gede, waktu itu, sekitar kuliahan dolo. Temen gue yang tau gue bilang gitu di sms ya ngasih tau, salah. Lo harusnya bilangnya dipermudah. Ini Si Utadz tea yang bilang, temen gue semasa kecil dolo itu loh gaes.

Sekarang gue sadar, sadar banget. Dikasih kerjaan gampang, cuman buat2 font, eh gak kelar2, dikasih kerjaan buat sticker, jualan asesoris motor, buat2 promosi di sosmed, pokoknya kerjannya bisa gue aplikasiin ke kerjaan gue, gak gue kerjain, dengan alasan, gue gak fokus. Iya sih.

Iya. Ya, iya gue gak fokus, tapi emang kerjaan gue banyak banget, gitu aja sih alasan puasa mudah gue teh. Maksudnya kalo dikasih yang mudah aja sulit, gimana dikasih yang susah? Terus yang mudah jadi susah? Terus yang susah, jadi gak selesei2, terbengkalai.

Nah, idup teh target, kerja, nikah, tanggung jawab, beribadah, kalo niatnya beribadah sama Allah, kalo niatnya ngelakuin pahala, kalo niatnya berserah diri ke Tuhan, ya Allah bakalan ngasih hal itu mudah, semudah gue ngejalanin kuliah, sebelom gue nyusahin diri pas revisi skripsi, semudah itu sih pikiran gue bilang soal kesalahan gue. Yang mana kesalahan gue teh, selalu perfeksionis, gak fokus, terlalu banyak kerjaan, kaloupun kerjaan diduain, atau tigain, empatin, yang ada kerjaan yang satu gak selesei2, terlalu banyak ngabil waktunya, soalnya kerjaannya gak satu, gak fokus. Liburan dikerjaan 1, nambah kerjaan baru, kerjaan 2, nambah kerjaan baru kerjaan 3, dan seterusnya. Ya gak selesei2, terlebih gak ada deadline pasti, tambah aja gak ada target buat nyeleseinnye, waktu emang penting, tapi lebih penting lagi tepat waktu.

Waktu2 yang gue buang, udah sampe gue liat umur gue, gue bukan di tahun 2013, yang umurnya 24 tahun, sekarang gue di 2022, yang umurnya 33 tahun, buat tahun ini gue belom ulang tahun, tapi ya emang sebentar lagi gue mau 33 kok.

Sekarang gue rasa gue kembali ke zaman dolo, serba milih, serba ngukur diri, serba tau apa yang gue lakuin, biar gak bener2 amet, biar gak fokus, tapi punya target yang jelas, target yang ditentuin dosen gue, target yang dikasih mereka, biar gue selesein tugas. Nah, tugas pasti selesei kalo dikerjain, sementara kalo gak dikerjain, cuman dipikirin, cuman diomongin, ya gak bakalan selesei. Itu aja sih poinnya mah.

Soal ini gue dah ngerti, tapi gue lagi2, gagal, gagal fokus, gagal paham. Gue gak lagi redefinisi teori yang gue gugat. Gue gak lagi ngegugat apa pun, gue cuman lagi mengartikan ulang yang udah gue lakuin, apa aja sih yang udah gue kerjain teh? Apaan sih yang dah gue bisa teh? Apaan sih yang gue gak bisa sekarang? Nah jawabnnya itu, kerjaan gak beres2, okey fokus ke handwritten yang gue buat, family font yang gue bilang ada 20 font didalamnya. Dalam typeface ini, gue gagal di konversi 1, yang mana ada 19 konversi font lagi. Okeh lupain dolo, gue boong ke Ibu kalo gue dah font ke-7. Lupain dolo itu.

Sekarang fokus ke masalah. Masalahnya kapan gue bisa selesein 20 konversi font. Dah itu dolo, entar baru ke masalah baru, kapan gue beresin visual, font preview, stock vectornya. Dah sekarang masalah ini, gimana nih 20 konversi font teh? Udah sampe mana? Baru 1.

Nah masalahnya apa? Masalahnya teh, gue belom beresin. Kenapa? Gue selalu jawab gue gak fokus, nyambil kerjain yang laen, yang draft baru gitu, ampe gue ngumpulin 12 draft lah anggap. Nah sekarang kenapa gak beresin konversi font? Kan bisa jadi duit, kan masalah buat konversi font bakalan gak ada buat handwritten tadi. Selesei. Gak ada masalah.

Nah sebenernya, gue gak maksain kerjaan gue, gue lebih milih lari dari tanggung jawab, ya gue beranggapan ngerjain yang laen bisa bikin gue tetep produktif, sekaligus gue masih kerja2 juga. Ya ada benernya kerja, ada salahnya, yaitu gue gak seleseiin sesuai deadline, mana deadlinenya gak ada lagi sebenernya mah.

Nah gitu gaes. Sekarang gue kudu maksain diri, fokus, buang yang gak perlu2 biar dapetin yang diperluin, biar gue selesein konversi font pertama ini, buat lanjut ke konversi font ke-2. Kalo Ustadz bilang, ya kerjain kerjaan laen sesudah kerjaan selesei, cuman itu yang dia jawab dari pertanyaan gue, “Eh kalo di Al-Qur’an, ada perihal soal kerjaan gak?” Dia jawab itu, jadi kalo mau difokusin sama masalah tadi, ya gue harus ngerampungin konversi yang ke-1, baru kerjain konversi yang ke-2, sampe beres yang konversi yang ke-20. Baru selesein vector stock, baru ngelengkapinye dengan selesein font preview. Baru deh yang laen2.

Tapi, kuliah beda, kerja juga beda. Tuntutan buat belajar, bisa kapan aja, tapi kerjaan mesti sesuai arahan yang gue bilang tadi, kerjain, beresin, baru kerjaan baru. Kalo gak gitu, kerjaan lama, gak beres2, sementara kerjaan baru dateng terus. Kaya gue sekarang, geometric sans seriflah, revisi font family geometric sans serif yang gue masukin ke MyFonts dolo lah, atau kerjain Square semi geometric sans serif, atau kerjain another geometric sans serif, terus kerjain juga handwritten2 laen: 3, 4, 5, 6, 7, terus buat draft baru lagi buat playful handwritten, kerjain juga serif expand, … Tunggu gue itung ye, 1, 2, 3, 4, 9, belom 2 lagi, jadi 11 lah kalo diitung gue kerjain yang laen2nya.

Ya gak bakalan beres2 lah, orang masalahnya gue gitu, kerjaan belom selesei, dah ngerjain yang laen lagi, sementara pas waktu gue kuliah, gue kerjain sama kaya gini, tapi pada selesei tepat waktu. Lupain dolo itu karya yang asal jadi, prematur, atau jelek. Lupain juga gue belajar teori, prakteknya kerjaan gue pada beres kok. Jadi masalahnya bukan di-deadline sih, lebih ke prioritas buat selesein deadline, orang deadlinenya gak ada, jadi bebas aja mau selesein kapan, yang penting fontnya bagus, fontnya menjual.

Nah masalah beresin kerjaan gini, berarti ada digue nih masalahnya, belom masalah personal kaya, gue lagi asik nulis, nulis penelitian calon S2 gue, nulis jurnal, atau sosmed, nonton YouTube, nonton anime, gak ada masalah kalo gue dengerin lagu, terus ngerjain fon. Jadi sambil ngefon gue ngedengerin mp3. Gak ada masalah dengan itu. Yang tetep jadi masalah, kapan gue beresin konversi font yang ke-1 ini. Gue mana dah bilang konversi font dah sampe ke-7. Ya Ibu gue bakalan kecewa lagi, bakalan ngarahin gue ke kerjaan yang laen, pindah tugas.

Gue mampu ngerjain fon, kalo gue dikasih kerjaan baru lagi, gue gak mau. Sementara orang yang berhasil itu, orang yang ngerjain fon, terus beres. Gue gak mau gagal ngekonversi fon, gue gak mau pindah kerjaan, gue mau ngedesain fon aja. Jadi.

Jadi.

Jadi… Ya udah, beresin weh konversi fonnye.

Sekarang syukur, alhamdulillah, gue puasa, gue sadar gue banyak salah, mulai dari ngelakuin yang haram2, dilarang agama, mulai sadar kalo ternyata masalah gue bukan fon aja, masalah gue sekarang, gue mau ke surga, dah itu, karena Allah SWT ala aja niatnya, kalo gak gitu, entar ngelebar ke, pengen ngentot ama Yui Hatano si Surga, Pengen kerjain fon disurga pake laptop Mac, makin banyak dah ide2 sampingan. Padahal hal utama gue, atau tujuan utama gue mau ke surga. Dah itu. Jadi kalo diniatin gue mau ke surga karena Allah SWT pasti dimudahkan jalan gue buat ke Surga®.

Surga. Gue pengen ke surga, karena Allah SWT.

Nah buat ini, banyak hal yang perlu gue hindarin, biar amalan gue makin banyak disaldonya. Saldo gue terisi paling lewat solat, sedekah, puasa, gue belom nikah, jadi amalan gue gak dikali sekian, gue belom bisa mandiri, kerjaan gue belom jadi duit, tapi gue dah kerja, jadi ada amalan gue kerja, tapi gue belajar banyak hal, jadi gue dapet amalan ilmu, gue juga sering dzikir, jadi dapet selalu inget tuhan. Tapi pas gue bokcolcrot, gue lupain die, gue milih inget Yui Hatano, dengan segala hal yang ada hubungannya ama @hatachan524, kok gue jadi ngelupain Allah ya?

Ah gitulah, jadi kalo mau sih, gue lupain: bokep-coli-crot, lupain musik, lupain YouTube, Anime, lupain light novel gue, lupain anime gue, lupain musik gue, lupain semua, tinggalin, kalo bisa anggep aja gue dah gak minat, gak mau hiburan2 kaya gitu, biar gue fokus ibadah juga, pokoknya halal2an lah ya. Pokoknya diridoi Allah SWT gitu.

Kan Allah Subhanawataalla teh, zat yang maha baik, maha biajaksana, maha benar. Jadi, soal maha adil, maha mengerti, ya gue dapetin apa yang gue pahamin, kalo gue gini2 teros, gue bakalan gini2 weh, stuck aja gitu.

Gue jadi orang yang buang2 waktu, sama buang2 umur gue, sebenernya 24 tahun sampe 33 tahun sekerang kan dah 9 tahun tuh. Yang mana kalo dolo, gue selalu buat perbaikan diri, dengan nulis SWOT, nulis SWOT program, kaya bikin karya Koltueksyen, Call to Action gini, gue buat, dah pernah, sekarang masih gitu2 juga. Oh iya, yang gitu2 juga teh maksudnya dilakuin terus, pasti lama2 ya ngerasa biasa aja, da kebiasaan.

Nah sekarang gue sadar, gue masih fresh graduet, sekarang bukan, gue ngerasa post power syndrome. Tapi kan gue dah self employee, jadi sebenernya gue dah ningkatlah.

Dah ah kebanyakan mikir, dah mending dzikir.

Jadi gitu gaes, idup gue yang pekerja mandiri, pengen ke Sorga. Ama mau ngejauhin yang haram. Moga istiqomah, gak bokcolcrot lagi dah.

Diterbitkan oleh asepcashball

Mantan nett, calon pengusaha, seorang pecinta wanita yang doyan baca, nulis ma nyoba2 buat tulisan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: